• Berita Terkini

    Jumat, 19 Agustus 2022

    Meriahkan Muharam, MTP Gelar Santunan Anak Yatim


    KEBUMEN(kebumeneskspres.com)-Sebagai salah satu bentuk kepedulian terhadap anak yatim di bulan Muharam, Majelis Taklim Perempuan (MTP) Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kebumen menggelar santunan terhadap 70 anak yatim.  Masing-masing anak, diberikan santunan sebesar Rp 200 ribu per anak. 


    Kegiatan sendiri digelar di Gedung Haji Kebumen dengan diisi tausiah oleh Ketua IPHI Kebumen KH Dawamudin Masdar,  Selasa (16/8).


    Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua MTP IPH Kebumen Siti Alfiah Anggriani, Penasehat MTP Sutini Seger Sudrajat, Pembina MTP, dan para anggota MTP IPHI Kebumen.


    Santunan diberikan langsung oleh Pembina MTP IPHI Kebumen Hj Sadiyatun Mahkfil dan juga penasehat MTP IPHI Hj Sutini Seger Sudrajat. Para anak yatim ini juga diajak untuk membaca Sholawat sebagai bentuk rasa syukur, menjelang hari Kemerdekaan RI. 


    Ketua MTP IPHI Kebumen Siti Alfiah Anggriani menuturkan untuk memperingati tahun baru Islam 1444 H, MTP IPHI Daerah Kabupaten Kebumen, menggelar santunan terhadap anak yatim sejumlah 70 anak. Disini mereka masing masing mendapatkan Rp 200 ribu. 


    Pemberian santunan, dilakukan secara simbolis kepada 10 anak yatim piatu di wilayah Kabupaten Kebumen. Sisanya, sebanyak 60 anak akan diberikan secara langsung ke rumah rumah, yang sekaligus melihat secara langsung kondisi para anak yatim piatu, dan apa yang menjadi kebutuhan mereka. 


    "Anak yatim atau piatu dan yatim piatu yang berada di wilayah sekitar Kabupaten Kebumen. Kalau menurut program sesuai dengan rencana kita 70 anak namun karena situasi banyak kegiatan sehingga hari ini kita panggil 10 anak secara simbolis," paparnya.


    Dikatakan, rencananya santunan akan dilanjutkan di Kecamatan Buluspesantren, yang bertepatan dengan selapanan Haji atau Mapelhaj, pada 28 mendatang. Rencananya, pada kegiatan tersebut akan ada pemberian santunan terhadap 5 anak yatim. 


    Namun, demikian jumlah tersebut kemungkinan akan bertambah, dikarenakan dana sumbangan masih terus mengalir dari para anggota MTP IPHI. Harapannya, santunan ini bisa meluas ke Kecamatan lain yang ada di Kabupaten Kebumen, dengan jumlah yang lebih besar lagi. 


    "Kemudian ini masih akan dilanjutkan dengan kunjungan ke MTP Kecamatan salah satunya adalah tanggal 28 Agustus nanti ke Kecamatan Buluspesantren  tepatnya di Desa Klapasawit," katanya.


    Menurutnya, kegiatan tersebut sekaligus untuk menyemarakkan HUT RI yang ke 77, dengan semangat Indonesia Jaya, Indonesia Makmur. Dimana dengan gotong-royong, sesuai dengan budaya asli Indonesia, MTP IPHI Kebumen membantu sesama sepeti halnya santunan anak yatim. 


    Dengan begitu, para anak yatim tidak merasa terabaikan dan mereka merasakan memiliki tempat perlindungan. Terlebih, mereka merupakan tanggung jawab bersama, untuk diberikan hak terkait kehidupan dan pendidikannya. 


    "Kemudian menyemarakkan, suasana 17 Agustus memperingati Hari Kemerdekaan yang ke 77, tadi kita juga menyanyikan Indonesia raya dengan semangat yel yelnya,  Indonesia Jaya Indonesia Makmur," ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top