• Berita Terkini

    Kamis, 18 Agustus 2022

    Kebumen Kini Punya Hymne dan Mars Kebumen




    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Bertepatan dengan Hari Jadinya yang ke -393, Kebumen kini memiliki hymne dan mars sebagai identitas diri yang menggambarkan karakter masyarakat Kebumen dengan segala potensi yang ada di dalamnya.


    Hymne dan Mars Kebumen diciptakan pada masa kepemimpinan Bupati Arif Sugiyanto sesuai dengan amanat dari Peraturan Daerah (Perda) No 06 tahun 2022 tentang pembaharuan Lambang Daerah yang di dalamnya juga mengatur tentang perlu hymne dan mars Kebumen.


    "Hymne dan mars ini alhamdulillah di hari jadi Kebumen yang ke 393 akan dilaunching dan diyanyikan oleh anak-anak SMAN 1 Kebumen. Nanti akan diperdengarkan secara resmi pada saat peringatan hari jadi pada tanggal 21 Agustus di Prembun," ujar Bupati di SMAN 1 Kebumen, Selasa (16/8/2022).


    Hymne dan Mars Kebumen merupakan maha karya dari seorang guru SMAN 1 Kebumen, yakni Slamet Pramono. Bupati menyampaikan terima kasih kepada Slamet Pramono atas dedikasinya membuat sebuah karya lagu yang mencerminkan identitas dan jati diri orang Kebumen.


    "Saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Slamet Pramono, beliau ini seorang guru musik di SMAN 1 Kebumen yang sudah membuat sebuah karya yang luar biasa bagus, sebuah hymne dan mars yang nantinya bakal dikenang oleh seluruh masyarakat Kebumen," ucap Bupati.


    Menurut Bupati, hymne dan mars Kebumen motivasinya untuk mengelorakan semangat agar terus mencintai tanah kelahirannya Kebumen tercinta. Sekaligus mencintai NKRI, sebagaimana para pejuang dulu membuat lagu-lagu nasionalisme dan patriotik.

    "Hymne dan mars ini perlu untuk menambah semangat diri kita agar terus mencintai Kebumen tanah kelahiran kita, dan mencintai Indonesia sebagai negara tercinta," tandasnya.

    Bupati membambahkan, dalam setiap syair pada lagu hymne dan mars Kebumen memuat banyak filosofi, tentang kondisi Kebumen, masyarakat Kebumen, dan filosofi kebangsaan, dimana Pancasila dan UUD 1945 ada di dalamnya. Selain hymne dan mars, Kebumen juga bakal mempunyai panji-panji kecamatan. 

    Adapun lirik lagu Hymne dan Mars Kebumen. 

    Puji syukur pada Tuhan

    Atas anugerahNya

    Alam yang indah membentang luas

    Terhampar di bumi Kebumen

    Lembah nan hijau pegunungan yang indah


    Sawah ladang menghampar


    Laut biru pantai elok menawan


    Surga penuh harapan



    Mari selalu bersatu padu


    Menjaga membangun Kebumen


    Satu semangat untuk wujudkan


    Bumi Tirta Praja Mukti


    Majulah....


    Jayalah....


    Kebumenku sepanjang masa



    2. Mars Kabupaten Kebumen


    Cipt. Slamet Pramono



    Alam yang indah elok luas membentang


    Pegunungan lembah ngarai nan menawan


    Tanah subur makmur penuh harapan


    Lautan luas indah bagai alam impian



    Penduduknya ramah  santun & sopan


    Religius bertakwa pada Tuhan


    Rukun damai hidup berdampingan


    Guyub rukun bergandengan tangan



    Bersatu tekad membangun bersama


    Mencapai cita cita


    Satu semangat untuk mewujudkan 


    Kebumen beriman sejahtera



    Berdasar Pancasila dan UUD 45


    Mari kita wujudkan


    Kebumen Makmur Merata


    (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top