• Berita Terkini

    Selasa, 30 Agustus 2022

    Forum Komunikasi BPD Kebumen Gelar Raker Perdana


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Forum Komunikasi (Forkom) BPD Kebumen mengelar Rapat Kerja (Raker) I. Kegiatan yang mengusung tema “Perkuat Solidaritas Menjalin Kerjasama untuk Mengapai Tujuan Bersama Forum Komunikasi BPD Kabupaten Kebumen itu bertempat di Pendopo Kecamatan Gombong, baru-baru ini.


    Hadir secara langsung dalam acara tersebut Wakil Bupati Kebumen Hj Ristawati Purwaningsih. Selain itu hadir pula Kepala OPD terkait, Forkompincam Gombong, Pengurus  serta Anggota Forkom BPD Kebumen.


    Ketua Umum Forkom BPD Kebumen Ahmad Zen Kholik menyampaikan aganda rapat pertama kali ini yakni konsolidasi dan Pengasahan AD/ART. Melalui forum tersebut ini pihaknya Fokom BPD Kebumen semakin solid untuk bersama memajukan Kebumen. 


    “Kami berharap Fokom BPD akan semakin solid. Sehingga dapat bersama-sama untuk memajukan Kebumen,” tuturnya.

    Forum Komunikasi (Forkom) BPD Kebumen sendiri dikukuhkan 16 Juni 2021. Pengukuhan dilaksanakan juga dilaksanakan oleh Wakil Bupati Kebumen Hj Ristawati Purwaningsih.

    Wabup Hj Ristawati berharap  Forum BPD dapat mengikuti, menjalankan dan mengawasi seluruh prosedur serta mekanisme keuangan ADD. Sehingga pelaksanaannya lebih  efektif dan transparan dalam penggunaan anggaran. Selain itu, pengelolaannya juga dapat dipertanggungjawabkan secara baik dan benar sesuai dengan peraturan yang berlaku. “Forkom BPD juga harus dapat menyatukan langkah dan menyatukan cara pandang dalam membangun desa menuju desa bisa mandiri,” katanya.

    Sebelumnya Wabup Hj Ristawati juga menyampaikan jika BPD harus mampu menempatkan diri sesuai tugas pokok dan fungsinya (tupoksi). BPD harus benar-benar bisa menjadi partner kepala desa dalam membangun desanya. Jangan sampai, BPD hanya dinilai sebagai legitimasi pemerintahan desa semata. 


    Fungsi politik anggota BPD sebagai kanal aspirasi dan pengawasan terhadap Peraturan Desa sangatlah penting dalam menentukan kemajuan suatu desa. 

    "Kekuatan BPD itu terletak pada kemampuan check and balance. BPD memiliki hak bertanya, konfirmasi mengenai pembangunan desa, terkait apa saja program yang sudah berjalan dan yang tidak dijalankan,” tegasnya. 


    Bagi Wabup Rista, BPD berperan mendorong transparansi, akuntabilitas, demokratisasi, dan kesejahteraan warga. Dengan begitu besar peranannya di desa, setiap Anggota BPD tentunya diharapkan senantiasa dapat meningkatkan kapasitas SDM dan berinovasi. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top