• Berita Terkini

    Minggu, 14 Agustus 2022

    Bupati Kebumen Cerita Pengalaman Ikut Jambore di Widoro


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menjadi pembina upacara pada peringatan Hari Pramuka ke 61 yang jatuh pada Minggu (14/8/2022). Upacara berlangsung di Bumi Perkemahan Pramuka, Desa Widoro, Kecamatan Karangsambung.



    Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Pramuka, juga diadakan Jambore Cabang SD/MI tingkat Kabupaten dari Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kebumen di Widoro. Jambore Cabang berlangsung sejak 12-14 Agustus 2022.



    Bupati yang sekaligus menjabat Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kwarcab Kebumen, sangat menyambut baik diadakannya Jambore cabang, yang juga dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Pramuka ke 61, serta HUT RI ke 77.



    "Di Widoro ini saya jadi ingat puluhan tahun yang lalu, dimana saya sama seperti kalian menjadi bagian dari Pramuka Penggalang yang ikut dalam kegiatan Jambore Cabang. Jadi ini seperti mengulang kenangan betapa asyiknya menjadi anak Pramuka," ujar Bupati di lokasi.



    Bupati bercerita, saat masih sekolah dia pernah ikut Jambore di Widoro dimana pada saat itu Bupati Kebumen dijabat oleh Amin Soedibyo pada tahun 1990. Ia pun tak pernah menyangka tahun ini ia kembali ke Widoro bersama anak-anak Pramuka dalam kapasistasnya sebagai Bupati.



    "Makanya bukan hal yang tidak mungkin, besok puluhan tahun yang akan datang, kalian adik-adik Pramuka yang ikut Jambore sekarang ini ada salah satunya yang jadi bupati. Atau bahkan ada yang jadi gubernur, jadi istri bupati, istri gubernur. Bila perlu bercita-cita jadi Presiden," terang Bupati.



    Bupati menekankan, Gerakan Pramuka adalah organisasi yang mengedepankan pendidikan karakter sesuai dengan nilai dasa dharma. Ia pun merasa banyak mendapatkan manfaat dari adanya Pramuka. Salah satunya adalah ketekukan, dan disiplin, pantang menyerah.



    "Nilai-nilai Pramuka yang ada dalam Dasa Dharma inilah yang kita harapkan bisa menjadi pondasi dan pegangan bagi anak-anak kita untuk menggapai cita-citanya. Dan saat dewasa nanti kalian bisa menceritakan kenangan ini kepada generasi kalian selanjutnya," tutur Bupati.



    Diketahui, Jambore Cabang Pramuka Kwarcab Kebumen diikuti oleh 48 regu putra dan 48 regu putri. Setiap regu berjumlah 8 anak penggalang. Jadi total peserta sebanyak 768 anak. Jika digabung bersama pembina, pendamping serta pendukung, dan Pengombyong total ada 1.568 orang.



    Mereka merupakan peserta Pramuka tergiat dari masing-masing Kwartir Ranting (Kwaran) di 26 kecamatan.



    Adapun kegiatannya adalah Pentas Seni, Halang Rintang, Semapur, Tali Temali, Ceramah Bela Negara, Precenter Cilik, Resensi Film, Kegiatan Bakti sosial, Pionering, K3 Perkemahan, Hasta Karya, Penjelajahan dan masih banyak lainnya. Beberapa kegiatan juga dilombakan dengan hadiah menarik.(fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top