• Berita Terkini

    Minggu, 24 Juli 2022

    UT UPBJJ Purwokerto Gelar Pelatihan Karil dan Kewirausahaan


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Sebanyak 60 mahasiswa Universitas Terbuka UPBJJ Purwokerto diberikan Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah (Karil) dan Pengetahuan Kewirausahaan Mahasiswa (PKM). Dalam pelatihan tersebut, para mahasiswa diajak untuk memahami bagaimana cara penyusunan karya ilmiah dan diberikan motivasi tentang dunia usaha. 


    Kegiatan digelar di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Disarpus) Kebumen, Sabtu (23/7). Ini  dengan menghadirkan dua narasumber dari Dosen Unsoed yakni Dr Kartika Sari untuk penulisan Karya Ilmiah. Selain itu yakni Dr Rio Dhani Laksana untuk materi Kewirausahaan Mahasiswa (PKM). Hadir dalam kesempatan tersebut Direktur UT UPBJJ Purwokerto Dr Adi Suryanto MPd.


    Penanggung Jawab Kemahasiswaan UPBJJ UT Purwokerto yang sekaligus menjadi Bendahara Penerimaan dan Pengeluaran UT UPBJJ  Purwokerto Saifrudin SKom menjelaskan adanya pelatihan tersebut adalah untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa. Ini agar mereka lebih percaya diri dalam penulisan karya ilmiah maupun dalam berwirausaha. Dengan begitu, kompetensi dan Profesionalitas mereka akan sangat diperhitungkan ketika nantinya terjun ke masyarakat. 


    Disampaikannya Pelatihan sendiri diikuti oleh mahasiswa semester 5 hingga 7. Mereka inilah yang sebentar lagi akan terjun ke dunia kerja maupun dunia usaha. Pelatihan tersebut juga untuk menggali bakat dan minat mahasiswa, agar kedepannya mereka memiliki inovasi, yang akan membawa kemajuan untuk daerahnya. 

    Dikatakannya, pelatihan tersebut diikuti oleh 60 mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi, Beasiswa CSR serta Mahasiswa Umum. Dimana pelatihan ini diharuskan diikuti oleh mahasiswa setiap satu semesternya. 


    “Sebagai mahasiswa UT harus melakukan pelatihan supaya setelah lulus nanti siap untuk terjun di masyarakat. Tujuan dan intinya seperti itu. Untuk semester ini ada di 4  Kabupaten yakni Kebumen, Kota Tegal, Cilacap dan juga Brebes,” ujarnya. 


    Sementara Annisa Aulia Istiqomah Mahasiswa Agribisnis Semester 8 menyampaikan pelatihan tersebut bisa menjadi bekal mahasiswa nantinya saat sudah terjun langsung ke masyarakat. Terlebih, kebanyakan mahasiswa yang mengikuti pelatihan dari semester akhir yang tentunya akan sangat bermanfaat. 

    Menurutnya pemateri memberikan motivasi yang cukup jelas tentang bagaimana membangun usaha dan cara penulisan karya ilmiah yang baik dan benar. Untuk itu, kini ia mengaku sudah memiliki gambaran rencana yang akan dilakukan kedepannya. 


    Dikatakan, dengan pembelajaran di UT yang sangat fleksibel. Dia mengaku jadi bisa berkarya dan bekerja serta dilatih untuk mandiri. Sehingga, banyak dari mahasiswa UT yang kini memiliki usaha sendiri dan sudah bekerja, dan tentunya akan lebih mudah menerapkan materi yang diberikan dalam pelatihan. 

    “Karena kita dilatih untuk mandiri, sehingga kita harus mempunyai motivasi yang besar banget untuk belajar. Saya berharap usai mengikuti pelatihan ini lebih ke Kewirausahaan untuk bisa diterapkan di kemudian hari,” ungkapnya. 


    Hal senada juga disampaikan oleh Farid Nurahman mahasiswa semester 8 jurusan agribisnis dengan pelatihan ini bisa lebih membuka pola pikir mahasiswa tentang tekhnik penulisan dan dunia usaha. Ia juga mengaku, usai mengikuti pelatihan berkeinginan untuk membuka usaha sendiri. 

    Ia juga berharap agar pelatihan ini bisa terus diadakan, agar Mahasiswa UT bisa benar benar termotivasi. Dan bakat minat Mahasiswa benar-benar tergali usai mengikuti pelatihan ini. “Harapannya pelatihan ini bisa digelar secara rutin, untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa, agar ketika terjun ke masyarakat kita bisa benar benar siap,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top