• Berita Terkini

    Minggu, 10 Juli 2022

    Takbir Keliling Semarakkan Idul Adha di Kebumen, Bupati Ijinkan Warga Lakukan Aktivitas Normal


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Datangnya hari raya Idul Adha tahun ini sepertinya menandai mulai normalnya aktivitas warga Kebumen setelah dua tahun mengalami masa pandemi covid-19. Demi menyambut hari raya Idul Adha, warga bahkan mengabaikan surat edaran dari pemerintah yang menghimbau agar tidak ada takbir keliling.



    Faktanya pada Sabtu malam kemarin (9/7/2022), warga di sejumlah kecamatan di Kebumen menggelar takbir keliling. Takbir keliling dan pawai obor terpantau di Kelurahan Tamanwinangun, Selang, Kebumen, Desa Adikarso, Desa Sidomoro Buluspesantren, Gombong  Kecamatan Alian, dan berbagai wilayah lain.



    Tak hanya masyarakat sejumlah santri juga ikut merayakan dengan bermain abid serta semburan api. Seperti para santri Ponpes Al Istiqomah Desa Adikarso Kecamatan Kebumen. Sepanjang jalan desa mereka bermain abid dan mengemu minyak tanah kemudian menyemburkan kearah obor hingga menciptakan kebulan api yang besar.

    "Lebaran kemarin nggak ada pawai obor karena dilarang dan masih pandemi," ujar Ramdhan (23) salah satu santri kepada awak media.


    Tak hanya itu, di sepanjang ruas jalan yang dilalui pawai obor masyarakat tampak antusias keluar rumah menyaksikan pawai sembari  mengabadikan momen itu dengan rekaman kamera smartphone. Ini lebih meriah daripada Idul Fitri kemarin," kata Darsiah (45) salah satu warga Tamanwinangun.

    Meski ada surat edaran dari pemerintah, namun masyarakat tetap merayakan momentum hari raya kurban ini, bahkan hampir tiap RT dan mushola mereka melakukan takbir di masjid dan takbir keliling, baik dengan dentuman musik dan pengeras suara, hingga gerobak ronde yang dijadikan kendaraan pawai.

    "Ini benar-benar pengobat rindu setelah Pandemi Covid-19 setiap lebaran tidak meriah baik Idul Fitri maupun Idul Adha tahun sebelumnya, terlebih sekarang ini kebumen melihat perkembangannya sudah Zero Covid," kata Aulia Rahman (23) mahasiswa asal kebumen yang kuliah di Universitas ternama di Semarang. 


    Terpisah, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyampaikan saat ini Kebumen sudah zero Covid-19. Itu artinya, warga Kebumen kini sudah bisa kembali melakukan aktivitas sosial seperti biasanya. Termasuk dalam pelaksanaan ibadah Idul Adha dan ibadah kurban.


    "Alhamdulillah Kebumen Zero Covid 19. Sehingga masyarakat dapat lebih berkegiatan secara baik. Takbir, Shalat Idul Adha, penyembelihan hewan kurban, dapat dilaksanakan seperti pada umumnya," ujar Bupati dalam keterangan resminya yang ditulis di laman Facebook pribadinya.


    Meski demikian, Bupati mengimbau agar masyarakat tetap melaksanakan prokes sebagai bagian dari ikhtiar kesehatan. Demikian diadakanya takbir juga bertujuan untuk meramaikan rumah Allah SWT.

    Bupati turut mengimbau agar pemilihan dan pemotongan hewan kurban agar dilakukan secara tepat dan halal, ini sebagai bentuk ikhtiar agar terhindar dari penyakit mulut dan kuku atau PMK. "Alhamdulillah Pemda terus mendorong kegiatan secara umum dan produktif dengan berbagai pertimbangan situasi dan kondisi," terang Bupati.

    Misal saja lanjut Bupati, pihaknya juga telah membolehkan adanya gelaran mertibumi (wayangan, budaya, dan lain-lain). Bahkan Bupati baru saja sukses mengadakan gelaran Kebumen International Expo (KIE), sebuah event  pertama terbesar se Indonesia tingkat Kabupaten. 


    Tak lama lagi, Bupati akan kembali mengizinkan Car Free Day, yang rencananya akan dibuka pada 17 Juli 2022 di alun-alun Kebumen sampai Jalan Soekarno Hatta. Kemudian Lembupurwo Expo pada 21 Juli 2022, dan pesta UMKM pada 2 sampai dengan 8 Oktober 2022. "Ibarat orang tua ketika anaknya akan perjalanan atau sekolah sudah bawa bekal, sudah bawa payung atau jas hujan,  jangan lupa pakai jalur sebelah kiri ya?"


    "Itulah adab masyarakat Indonesia tentang  toto kromo kehidupan dari bangun tidur sampai tidur lagi. Terimakasih untuk masyarakat yang kritis akan edaran tersebut, semoga penjelasan ini dapat dipahami bersama, untuk kemajuan Kebumen," tandasnya.(fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top