• Berita Terkini

    Senin, 11 Juli 2022

    SMKN 1 Karanganyar Gelar MPLS Bagi Peserta Didik Baru.


    KARANGANYAR(kebumenekspres.com)- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Karanganyar yang lebih dikenal dengan sebutan Gasmeka, menggelar MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah bagi peserta didik baru. 


    Kegiatan tersebut akan berlangsung selama empat hari yakni 11, 12, 13 dan 14 Juli 2022. Kegiatan diawali dengan upacara bendera yang diikuti seluruh warga SMK Negeri 1 Karanganyar. Kegiatan tersebut pun berjalan lancar dan hikmah, Senin (11/7/22) pagi.


    MPLS kali ini mengusung tema “Bangkit, Berlari Menggapai Prestasi dan Perwujudan Profil Pelajar Pancasila”. Selama MPLS berlangsung, peserta didik baru dikenalkan lebih dalam tentang SMK Negeri 1 Karanganyar. Ini meliputi visi misi sekolah, tata tertib sekolah, dan lain sebagainya. 

    Tidak hanya itu, peserta didik baru dikenalkan juga dengan budaya kearifan lokal dan pemahaman karakter. Sehingga diharapkan usainya MPLS tersebut, dapat menjadikan peserta didik yang disiplin, beriman, dan berkarakter pancasila.


    Dalam kesempatan tersebut, Kepala SMK Negeri 1 Karanganyar Drs Eddy Nugroho MEng menyematkan tanda peserta kepada dua siswa-siswi. 

    Dalam sambutannya, Eddy menyampaikan MPLS merupakan rangkaian penting yang harus diikuti oleh seluruh peserta didik baru saat pertama kali memasuki sekolah barunya. Melalui kegiatan MPLS inilah banyak informasi yang diterima oleh para peserta didik baru. Selain itu juga  membantu beradaptasi dan memperhatikan aturan sekolah yang harus dipatuhi.


    “Dalam kegiatan ini diarahkan untuk sebuah kebangkitan satuan pendidikan di tengah keprihatinan  pandemi yang belum berakhir, bergerak dan berkolaborasi dengan seluruh warga satuan pendidikan SMK Negeri 1 Karanganyar. Selain itu berinovasi selaras dengan era revolusi industri untuk mewujudkan pencapaian prestasi terbaik dalam kecintaan terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia,” tuturnya.


    Tidak hanya itu, Eddy juga menyampaikan kegiatan MPLS juga membantu mengenalkan kepada peserta didik baru tentang lingkungan SMK Negeri 1 Karanganyar dan sekitarnya. Ini seperti aspek keamanan, fasilitas umum dan sarana prasarana sekolah. Selain itu juga mengembangkan interaksi positif antar peserta didik dan warga sekolah lainnya.


    “Sebagai bentuk penanaman karakter pelajar Pancasila kepada peserta didik baru, pihak sekolah mengembangkan kemampuan intelektual, emosional, spiritual dan menumbuhkan perilaku positif,” tegasnya. 

    Salah satu peserta didik baru Vegyana (15) kelas X dari Jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran, merasa gembira bisa diterima di SMK Negeri 1 Karanganyar. “Alhamdulillah… senang banget. Setelah setahun lebih di rumah, suntuk, akhirnya bisa belajar tatap muka di SMK Negeri 1 Karanganyar. Bisa ketemu teman-teman baru dan suasana baru.  Semoga saya bisa mengukir prestasi lebih baik disini pak,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top