• Berita Terkini

    Senin, 25 Juli 2022

    Siswa SMK Cipta Karya Prembun Diajak Belajar Jadi Wirausaha


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Peluang dunia usaha kreatif masih terbuka lebar hingga kini.  Dimana, hal tersebut banyak dibutuhkan oleh masyarakat.  Untuk itu, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Cipta Karya Prembun melatih siswanya untuk menjadi enterpreneur muda.


    Enterpreneur tersebut disesuai dengan bakat dan minat para siswanya. Salah satunya di bidang Kejuruan desain komunikasi visual. 


    Para siswa dilatih untuk membuat berbagai macam video animasi, logo, hingga percetakan. Bahkan, sudah banyak masyarakat yang kini menggunakan jasa siswa SMK Cipta Karya untuk membantu membuat dokumentasi acara. Ini seperti pernikahan dan desain percetakan undangan. 


    Kepala Laboratorium Komputer SMK Cipta Karya Prembun Tulus Setya Budi menuturkan untuk melatih siswanya menjadi enterpreneur, SMK Cipta Karya Prembun sebenarnya sudah membiasakan siswanya dengan teknopreneur Kewirausahaan. Jadi mereka diberikan materi sesuai dengan jurusan untuk menciptakan peluang di dunia usaha. 

    Para siswa juga diberi tantangan tentang dunia kerja yang sebenarnya. Ini seusai dengan jurusan yang mereka ambil. Sehingga mereka kini mampu mengerjakan berbagai desain dengan kreatifitas masing-masing dan telah menghasilkan profit atau keuntungan dari apa yang mereka kerjakan. 


    “Untuk yang pertama di kelas 10. Kita sudah membiasakan mereka dengan teknopreneur Kewirausahaan. Jadi kita kasih materi tentang bidang pekerjaan setelah mereka lulus. Setelah mereka lulus kita arahkan kesana  untuk menciptakan bagaimana sebuah peluang  itu menjadi sebuah tantangan,” tuturnya, Senin (25/7/2022). 


    Terlebih menurutnya, bidang desain komunikasi visual sekarang ini adalah sebuah pekerjaan yang tidak lekang oleh zaman. Karena dibidang itu, para siswa dituntut untuk memiliki kreativitas yang tinggi. 


    Ia mencontohkan, seperti halnya  bidang fotografi, videografi dan juga desain masayarakat  banyak yang membutuhkan jasa tersebut. Bahkan ia yakin, dalam 10 tahun mendatang bidang pekerjaan maupun usaha tersebut masih tetap eksis. 


    “Kami sebenarnya sudah membekali peserta didik seperti di kehidupan sehari hari. Produk yang paling utama contoh mungkin mendesain undangan atau mungkin desain kelahiran bayi, itu kan masih pekerjaan kecil tapi dari situ mereka bisa belajar atau sudah  bisa belajar tentang Kewirausahaan,” jelasnya. 


    Sementara itu salah seorang siswa Kelas 12 jurusan Multimedia Siska Dwi Fauziayati mengatakan dengan belajar di SMK Cipta Karya Prembun, ia menjadi mendapatkan pengalaman baru, utamanya di bidang dunia usaha. Utamanya dengan bidang jurusan yang ia tempuh saat ini. 


    Ia juga mengaku, potensi bakat dan minat terus digali untuk mengarahkan para siswa kedepan. Dengan begitu, ia menjadi lebih siap ketika nantinya memasuki dunia usaha maupun dunia kerja. 

    “Disini dilatih untuk menggunakan aplikasi Adobe Ilustrator, corel, makro flas 8 dan saya sudah bisa semuanya,  dan memang butuh banget sama kreativitas itu yang menjadi modal utama,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top