• Berita Terkini

    Minggu, 03 Juli 2022

    Sepekan KIE, Volume Sampah 127,68 Ton! Mayoritas Berasal dari Pengunjung


    KEBUMEN (kebumeneskpres.com)-Kebumen International Expo (KIE) telah berakhir. Banyak pihak menilai, even itu sukses besar. Tak hanya dari sisi pengunjung yang membeludak hingga efek positif dari sisi ekonomi. 


    Namun demikian, ada beberapa hal yang menjadi catatan. Atau kalau boleh dibilang dampak dari gelaran even kemarin. Salah satunya, persoalan sampah.  Dinas Lingkungan Hidup Kelautan dan Perikanan Kebumen mencatat, volume sampah yang ditimbulkan dari gelaran KIE mencapai 127,68 Ton!


    Memebersihkan gunungan sampah ini pun harus diikuti kerja ekstra keras para petugas kebersihan.  Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kelautan dan Perikanan Kebumen, Joni Hermawan mengatakan, sampah-sampah ini mayoritas berasal dari para pengunjung yang masih sembarangan membuang sampah dan kotoran.


    Untuk membersihkan sampah itu, pihaknya menerjunkan 57 petugas kebersihan setiap harinya. Mereka bekerja terbagi menjadi 3 shift selama 24 jam.


    “Jumlah sampah yang berasal dari event KIE yang terkumpul per hari cukup banyak. Mencapai 3 sampai 5 dump truck. Untuk pembagian shift petugas kebersihan, selama 24 jam terbagi menjadi 3 shift. Jam 9 pagi sampai 5 sore, selanjutnya jam 5 sore hingga 1 malam atau dini hari, dan jam 1 malam sampai 9 pagi,” kata Joni yang kemarin didampingi Kepala UPTD PALS Wilayah Timur DLHKP  Dani Fitriyadi.


    Langkah ini seperti yang telah disampaikan Bupati Kebumen Arif Sugiyanto saat Soft Launching Kebumen International Expo, Jumat 3 Juni 2022 di Pendopo Kabumian. Bahwa untuk mengantisipasi sampah selama KIE, Pemkab Kebumen telah berkoordinasi dengan DLHKP untuk mengatasinya.


    Beruntung, Dinas Lingkungan Hidup Kelautan dan Perikanan Kebumen berhasil mengantisipasinya. Terlebih sejak awal, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto telah mewanti-wanti agar Dinas Lingkungan Hidup Kelautan dan Perikanan benar-benar siap membereskan sampah-sampah para pengunjung KIE.


    Joni Hermawan berharap kedepan,  warga semakin sadar akan pentingnya membuang sampah pada tempatnya. "Juga mengurangi produksi sampah terutama plastik, dan membawa botol minuman yang bisa dipakai berulang-ulang," himbaunya. 


    Seperti diketahui Pemkab menggelar Kebumen International Expo (KIE) tahun 2022 dari 25 Juni hingga 2 Juli.  Even yang digelar sepekan ini diikuti 500 stand dari berbagai unsur. Selain itu, setiap harinya panitia menghadirkan artis-artis nasional. (fur/*)



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top