• Berita Terkini

    Jumat, 15 Juli 2022

    Prajurit Kodim 0709/Kebumen Isi Waktu Luang Dengan Mengaji


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Prajurit TNI Kodim 0709/Kebumen biasa mengisi waktu luang istirahat dengan Tadarusan Al-Quran. Kegiatan tersebut sudah berlangsung semenjak Komandan Kodim (Dandim) dijabat oleh Letkol Inf Eduar Hendri SIP pada Desember lalu. 


    Para prajurit TNI diajak untuk mengisi waktu istirahat mereka dengan kegiatan yang bermanfaat serta menentramkan jiwa. Dengan begitu prajurit bisa menjalankan tugas sehari-hari dengan ikhlas dan penuh tanggung jawab. 


    Dandim 0709 Kebumen Letkol Inf Eduar Hendri menuturkan para prajurit yang mengikuti tadarusan tersebut, tidak ada keterpaksaan sama sekali. Bahkan, mereka merasakan ketenangan jiwa. Tadarus kini bahkan sepertinya telah menjadi kebutuhan bagi mereka. 

    “Tujuannya, para prajurit mendapatkan ketenangan jiwa dalam melaksanakan tugasnya. Selain itu juga tidak lupa pedoman kehidup sehari-hari,” tuturnya, Jumat (15/7).

    Terlebih di Koramil-Koramil juga dianjurkan untuk melaksanakan membaca Al-Quran dan juga Yasinan setiap Malam Jum'at. Ini dilaksanakan bersama dengan masyarakat sekitar. Sehingga Kemanunggalan TNI dengan rakyat akan bisa terbentuk, kedekatan semakin terjalin, serta terwujud ketertiban di tengah masyarakat. 

    “Hal ini juga dikaitkan dengan kemanunggalan terhadap masyarakat wilayah Kebumen. Bagaimana Babinsa Koramil melaksanakan baca Qur'an dan juga Yasinan dengan lingkungan masyarakat setiap Malam Jumat,” ungkapnya. 


    Dandim juga mengajak masyarakat untuk ikut dalam kegiatan positif tersebut, terlebih Tadarusan Al-Quran maupun Yasinan setiap Malam Jumat juga telah melelat dan menjadi tradisi masyarakat Kebumen. Harapannya, terlahirlah masyarakat yang cinta terhadap Al-Quran. 


    Terkadang, lanjutnya,   diundang pula Ustadz atau Kyai yang berada di Wilayah Kebumen untuk hadir memberikan tausiyah tambahan ilmu tentang agama di Kodim. Kemudian di Koramil, Danramil beserta Babinsa dan masyarakat  juga tadarusan dan Yasinan di Koramil,” paparnya. 

    Sementara itu Staff Personil Kodim 0709/Kebumen Sertu Saefun Hidayat mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan rutin membaca Al-Quran bagi para prajurit TNI. Menurutnya hal tersebut menjadikan bekal di dunia maupun di akhirat nanti. 


    Selain itu, dengan adanya Tadarusan Al-Quran juga semakin mendekatkan tali silaturahmi para prajurit. 

    “Untuk semua prajurit itu akan ikhlas, karena selain untuk bekal di akhirat dan di dunia juga akan semakin dekat dengan rekan. Walaupun beda Koramil tapi saling mengenal antara staf, baik dari komandan hingga ke bawahan,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top