• Berita Terkini

    Rabu, 27 Juli 2022

    Pengurus DKD Kebumen 2021-2025 Dikukuhkan


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Pengurus Kesenian Daerah (DKD) Kabupaten Kebumen periode 2021-2025 dikukuhkan. Pengukuhan dilaksanakan oleh Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH yang diwakili oleh Sekda Kebumen H Ahmad Ujang Sugiono SH di Pendopo Kabumian, Sabtu malam (23/7/2022).


    Pengukuhan dimeriahkan oleh beberapa hiburan seni dan budaya. Ini diantaranya Pagelaran musik dari Kebumen Violin Orchestra (KVO). Prosesi pengukuhan diiringi Karawitan Mardi Laras dari Permadani Kebumen dan ditutup dengan Pagelaran Wayang Santri dari grup Nawang Sari dengan Dalang Ki Widoseno Aji dari Ambal.


    Ketua Umum DKD Kabupaten Kebumen Pekik Sat Siswonirmolo  menyampaikan keberadaan DKD sebagai wadah para pelaku kesenian di Kabupaten  Kebumen dinilai mampu membangkitkan semangat berkesenian di level lokal. Bahkan DKD bisa memunculkan embrio para pelaku seni lainnya untuk berkiprah di kancah regional maupun nasional.

    “Disinilah pentingnya eksistensi DKD dalam menjaga tradisi kebudayaan yang telah ada di Kota Kebumen. Dengan kepengurusan yang baru, tentu DKD bertekad memajukan seni dan budaya di Kabupaten Kebumen dengan penuh semangat. Kami berharap  Pemkab Kebumen memberika perhatian dan dukungan terhadap DKD agar dapat mewujudkan tekadnya memajukan seni dan budaya di Kabupaten Kebumen,”katanya.


    Menurut Pekik Sat Siswonirmolo, perhatian pemerintah daerah terhadap DKD sangat diperlukan. Ini agar ada sinergitas yang baik antara Pemkab Kebumen dengan DKD, utamanya dalam memajukan seni budaya di Kebumen. “Mulai sekarang perhatian itu sangat diharapkan. Mudah-mudahan, DKD bisa bersama-sama menjaga dan nguri-uri budaya kita,” ujarnya.


    Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH dalam sambutan tertulisnya menyampaikan. selamat atas Pengukuhan Para Pengurus DKD yang baru. Dengan adanya pengukuhan tersebut diharapkan dapat memotivasi DKD dalam menjaga dan melestarikan budaya di Kebumen. “Semoga kesenian dan budaya di Kabupaten Kebumen akan terus berkembang dan lestari,” katanya.


    Lebih jauh Ketua Umum DKD Kebumen Pekik Sat Siswonirmolo  mengatakan pihaknya akan segera  menjadwalkan rapat pengurus tahun 2022, guna membahas prioritas program kerja di masing-masing komite. “Kita akan segera melakukan rapat dengan para Komite untuk menyusun program kerja,” terang Pekik Sat Siswonirmolo

    Pada struktur DKD Kabupaten Kebumen  2021-2025, posisi Ketua Umum dijabat oleh Pekik Sat Siswonirmolo, Ketua I Slamet Pramono SPd, Sekretaris Agung Prasetyo SSn dan Iswanto. Bendahara  Ary Susanto SE dan Endah Ari Wardani, serta Jajaran Pengurus pelaksana teknis dan koordinator masing-masing jenis kesenian. (mam) 


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top