• Berita Terkini

    Kamis, 28 Juli 2022

    Mahasiswa UIN Gelar Seminar Digital Marketing


    PETANAHAN(kebumenekspres.com)-Mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga yang tengah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) menyelenggarakan seminar Digital Marketing. Dimana kini  digital marketing merupakan salah satu pionir pemasaran, yang penting sekali diketahui dan dikuasai oleh para pelaku UMKM. 


    Seminar dilaksanakan di Desa Kebonsari Petanahan. Ini dengan menghadirkan dua narasumber yakni Kepala UPTD BLK Kabupaten Kebumen Ngusman SE MM dan dari Disperindagkop dan UMKM Kebumen Ega Yunanto Indratama Sak, Kamis (28/7/2022). Acara dibuka oleh Camat Petanahan Edi Purwoko. Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Desa Kebonsari Hojali serta pelaku UMKM Kecamatan Petanahan dan juga para pemuda karang taruna desa setempat. 


    Salah satu Mahasiswa KKN 108 Bagian bidang Ekonomi kreatif Muhammad Azizi dari fakultas Syariah menjelaskan seminar digital marketing tersebut dilaksanakan guna memacu para pelaku UMKM Petanahan. Ini agar bisa tumbuh dan berkembang. Seminari diikuti oleh 50 UMKM yang ada di Kecamatan Petanahan. 


    Menurutnya, banyak sekali produk UMKM di Petanahan yang belum dikenal oleh masyarakat. Padahal, hal tersebut merupakan potensi besar, yang harus terus digali dan dikembangkan. 


    Untuk itu, mahasiswa KKN bekerjasama dengan  Disnakerkop dan UMKM Kebumen dan juga BLK UPTD Kabupaten Kebumen rencananya akan membuat e-commerce UMKM Kabupaten Kebumen. Harapannya, Para pelaku UMKM ini bisa mempromosikan produk unggulannya melalui platform digital. 


    “Karena banyak Potensi UMKM di Kecamatan Petanahan yang belum dikenali oleh masyarakat luas, makanya kami mengadakan seminar digital marketing. Nantinya untuk membantu UMKM Petanahan agar lebih mempromosikan produk produk unggulannya,” tuturnya. 


    Camat Petanahan Edi Purwoko menyambut baik inovasi dari para mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Terlebih di era saat ini, perkembangan digital marketing berkembang sangat pesat. Masyarakat dewasa ini, telah banyak disajikan kemudahan melalui digital marketing. Bahkan, melalui platform digital, pemasaran produk akan lebih luas, hingga sampai ke luar negeri. 

    Melalui seminar tersebut, pihaknya berharap akan muncul pengusaha pengusaha yang produknya di kenal di Dunia internasional. Khususnya para pelaku UMKM di Kecamatan Petanahan. 

    “Zaman sekarang ini, mau jual beli tidak harus punya toko, tetapi lewat digital marketing ini nanti bisa menjadi pengusaha pengusaha yang sukses dan ini tentu akan meningkatkan kapasitas masyarakat kaitannya belanja secara digital inim,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top