• Berita Terkini

    Rabu, 27 Juli 2022

    Forum Bisnis Gelar Pelatihan Ecoprint


    KEBUMEN(kebumenekspres.com) - Sebanyak 40 peserta mengikuti  pelatihan Ecoprint yang digelar Forum Bisnis Kebumen bersama pelaku UMKM Online di Coworking Bank Jateng Cabang Kebumen, Selasa (26//2022)


    Hadir dalam kegiatan itu, Asisten 2 Setda Kebumen Hj Rini Kristiyani, Kepala Disperindag UMKM Kebumen Frans Haidar, Wakil Pimpinan Bank Jateng Cabang Kebumen Siti Mungfaidah dan puluhan peserta pelatihan ecoprint.


    Ketua Forum Bisnis dan UMKM Online Kebumen, Nanang Hury mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan teknik Ecoprint kepada masyarakat pemula dan memperluas jaringan antar pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM). Kegiatan ini merupakan sebagai tonggak pertumbuhan ekonomi Kabupaten Kebumen pasca pandemi. "Acara ini juga sebagai tindak lanjut peningkatan kerjasama formal antara Bank Jateng dan forline (Forum UMKM Online) dalam bentuk pelatihan dan promosi produk UKM, juga untuk mengembangkan perekonomian melalui dunia Fashion lokal," ujarnya.


    Pembuatan kain ecoprint tidak jauh berbeda dengan kain batik atau shibori yang sudah kita kenal karena sama-sama menggunakan proses yang dilakukan dengan cara handmade namun yang membedakan kain ini dengan batik dan shibori adalah cara pembuatannya yang sangat unik yaitu dengan cara menempelkan tumbuhan alami ke permukaan kain sebagai cetakan sekaligus pewarna alami.


    Saking mudahnya membuat kain ecoprint bahkan bisa membuat kain ini sendiri dengan bahan-bahan yang biasa kamu temui di dapur serta tanaman yang tumbuh di pekarangan rumah dan tanaman yang bisa digunakan untuk membuat ecoprint seperti daun, bunga bahkan kulit kayu.


    Selain itu, Nanang berharap kegiatan ini adalah memberikan warna baru pada bidang fashion yang tadinya didominasi oleh batik dan tenun. "Karena Ecoprint di kancah nasional sekarang sedang trend dan digemari juga oleh masyarakat umum karena ramah lingkungan," ujarnya


    Terpisah, YMT Pemimpin Bank Jateng Cabang Kebumen Ali Sodig, mengatakan pihaknya mengapresiasi dari inovasi pelaku UMKM dalam pengembangan Ecoprint, selain itu pihaknya akan selalu mensuport program-program pemerintah daerah dalam pembinaan UMKM di daerah dengan memberikan fasilitas ruang diskusi dan permodalan bagi para pelaku UMKM."Bank Jateng akan selalu mendukung program pemerintah dalam pengembangan UMKM, ini sekaligus peran serta kami dalam pemulihan ekonomi daerah pasca Pandemi Covid-19," ujarnya.

    Dengan kegiatan ini, Ali berharap para pelaku UMKM di Kabupaten Kebumen dapat tumbuh dan bersinergi dengan Bank Jateng. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top