• Berita Terkini

    Rabu, 20 Juli 2022

    Dikomandoi KPCPEN Airlangga Hartarto, Masyarakat Puas Penanganan Pandemi & Pemulihan Ekonomi Pemerintah

    Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto.

    KEBUMENEKSPRES.COM, JAKARTA-Lembaga survei Akar Rumput Strategic Consulting (ARSC) merilis survei soal tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Hasil survei menemukan, mayoritas masyarakat mengaku puas dengan kinerja penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi nasional yang dilakukan pemerintah.


    Program Manajer ARSC Bagus Balghi menuturkan, sebanyak 58,9 persen dari 1.225 responden mengaku puas dengan kinerja penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi di bawah kepemimpinan Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) Airlangga Hartarto.


    "Masyarakat cenderung puas terhadap upaya pemerintah dalam penanganan pandemi Covid-19 dan pemulihan ekonomi, sebesar 58,9 persen,” tutur Bagus dalam rilis hasil survei ARSC, Rabu (20/7/2022). 


    Bagus menambahkan, jumlah responden yang mengaku tidak puas terhadap upaya pemerintah menangani pandemi dan pemulihan ekonomi hanya di angka 37 persen. Sisanya, sebanyak 3,3 persen responden menjawab tidak tahu, dan 0,8 persen tidak bersedia menjawab.


    Tingkat kepuasan responden terhadap kinerja pemerintah dalam penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi ini selaras dengan tingginya tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan Jokowi.


    ARSC menemukan tingkat kepuasan terhadap kinerja Pemerintahan Presiden Jokowi mencapai 56,3 persen.


    "Demikian pula dengan kepuasan terhadap kinerja pemerintah Jokowi periode kedua, relatif tinggi sebesar 56,3 persen,” ujar Bagus.


    Menariknya, survei ini juga menunjukkan mayoritas profil responden bekerja sebagai ibu rumah tangga. Dalam profil jenis pekerjaan responden, sebanyak 23,7 persen merupakan ibu rumah tangga.


    Jenis pekerjaan terbesar kedua dan ketiga yang digeluti responden dalam survei ini yakni, wiraswasta/pengusaha sebanyak 22,8 persen, dan karyawan swasta sebanyak 22,2 persen dari 1.225 responden.


    Jenis pekerjaan yang jadi mayoritas responden menjadi yang paling terdampak pada tekanan pandemi Covid-19. Ibu rumah tangga, karyawan swasta, maupun pengusaha menjadi pihak yang paling tertekan dalam hal ekonomi selama pandemi Covid-19.


    Seperti diketahui, penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi nasional saat ini berada di bawah kendali Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto. 


    Selain menjadi ujung tombak dalam pemulihan ekonomi, Ketua Umum Partai Golkar itu juga menjadi sosok sentral dalam penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia. 


    Ia ditunjuk Presiden Jokowi menangani pandemi Covid-19 dan mengatasi perekonomian nasional agar terhindar dari ancaman resesi seperti yang tengah terjadi di sejumlah negara di dunia.(*)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top