• Berita Terkini

    Rabu, 15 Juni 2022

    Aplikasi SiCakep Diluncurkan, Permudah Warga Akses Layanan Dinsos P3A


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A) Kabupaten Kebumen meluncurkan Aplikasi untuk mempermudah masyarakat mengakses layanan. Aplikasi yang disebut Si Cakep (Sistem Informasi Cepat, Akurat, Komprehensif, Efektif, dan Profesional) tersebut diluncurkan kemarin.



    Kepala Dinas Sosial P3A Kabupaten Kebumen, Drs Eko Widianto mengatakan, aplikasi ini merupakan salah satu langkah cepat masyarakat dapat mengakses informasi terkait dengan prosedur penerimaan layanan dan semua layanan yang ada di Dinas Sosial P3A Kebumen lengkap dengan seluruh bidang dan sekretariat.


    "Aplikasi ini dikembangkan oleh Sekdin Dinsos P3A kebumen untuk mempercepat dan mempermudah pemberian informasi layanan kami kepada masyarakat, seperti aduan dan pengetahuan informasi terkait pelayanan dinas kami yang diberi nama Aplikasi Si Cakep," kata Eko didampingi Sekretaris Dinsos P3A, Mukhsinul Mubarok MSi, Rabu (15/6)


    Aplikasi Si Cakep ini dapat diakses dengan cara mendownlod alamat s.id/sicakepkebumen secara langsung bisa di instal di Smartphone Android dengan syarat perangkat Komputer atau Handphone terkoneksi dengan jaringan internet. Selain itu, dengan aplikasi Si Cakep ini masyarakat bisa mengetahui informasi terkini terkait pelayanan Dinas Sosial.


    "Aplikasi ini disajikan pembaharuan dan dilakukan verifikasi setiap hari oleh masing-masing penanggung jawab," ujarnya.

    Mukhsinul Mubarok MSi menambahkan, pembuatan aplikasi Si Cakep ini mendasari tugas Dinas Sosial P3A untuk mendukung dan mensukseskan visi misi bupati yakni “Open Government” (OG) yang menciptakan pemerintahan yang terbuka atau transparan, salah satunya di bidang peningkatan kesejahteraan sosial dan penanggulangan pemberdayaan perempuan dan anak. "Untuk itu, kami menciptakan Si Cakep ini sebagai kemudahan informasi kegiatan dan pelayanan di Dinsos P3A yang harus diketahui oleh masyarakat," katanya.

    Ia menjelaskan, informasi yang ada di Aplikasi Si Cakep ini diantaranya update program yang telah dilakukan dinas sosial hingga prosedur pelayanan yang ada, mulai dari SOP pelayanan seperti aktivasi KIS BPJS peserta PBI, bantuan non tunai, bantuan tunai, PKH, hingga jaminan disabilitas, pemberdayaan perempuan dan anak.

    "Jadi dengan aplikasi ini masyarakat bisa mengetahui semua SOPnya, karena saat ini tidak semua masyarakat paham akan alur dan SOP ini, untuk itu kami ciptakan Si cakep ini agar masyarakat mudah mengakses informasi, juga laporan kegiatan dinas yang perlu diketahui masyarakat. Jadi masyarakat bisa mengetahui bagaimana cara mengaktivasi BPJS KIS PBI, bagaimana cara mendapatkan bantuan disabilitas, bantuan pemberdayaan perempuan, bagaimana cara mendapat pendampingan perlindungan anak jika bermasalah dengan hukum, dengan kemudahan ini masyarakat bisa mendapatkan alur dan proses serta mengetahui program yang sudah dilakukan Dinsos," jelasnya.

    Tak hanya itu, dengan Aplikasi Si Cakep ini pihaknya berharap masyarakat mendapat kemudahan dalam layanan sosial, selain itu kehadiran pemerintah untuk membantu masyarakat semakin nyata dan diketahui oleh publik, serta elektabilitas informasi dan keterbukaan informasi sesuai visi bupati. Aplikasi Si Cakep ini sudah dilaunching oleh Pusdatin Kemensos pada akhir bulan Mei 2022 lalu.  Selain dapat diinstal di android smartphone, Si Cakep juga dapat di akses di Web Browser Dinsos P3A dengan alamat http://dinsosp3a.kebumenkab.go.id/ secara spesifik masuk dalam menu laporan terintegrasi. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top