• Berita Terkini

    Sabtu, 14 Mei 2022

    Tinggal Serumah Dengan 17 Orang, Siti Bungah Rumahnya Diperbaiki Ganjar

     


    (kebumenekspres.com) SALATIGA - Rumah yang berada di Kelurahan Kutowinangun Lor Kecamatan Tingkir Kota Salatiga itu hanya berukuran 6x9 meter. Namun siapa sangka, ada 17 orang yang tinggal di rumah sederhana itu.


    Rumah itu adalah milik Siti Khotimah,58. Perempuan paruh baya yang sehari-hari berjualan sayur matang itu rela hidup berhimpitan dengan anak dan cucu-cucunya.


    Tak hanya kecil dan sempit, rumah Siti jauh dari kata layak. Dindingnya terbuat dari papan dengan lantai plester semen kasar. Ruangan kecil itu nampak berantakan karena ditinggali banyak orang. Di ruang tamu tak ada meja kursi, karena ruangan itu disulap menjadi tempat tidur. Sudah lama Siti ingin memperbaiki rumahnya itu. Namun penghasilannya sebagai penjual sayur, tak bisa membuatnya berdaya. Ia hanya bersabar dan berdoa.


    Hari ini doa Siti dikabulkan. Ia didatangi Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan diberi bantuan program renovasi rumah tidak layak huni (RTLH).


    "Maturnuwun sanget pak Ganjar, alhamdulillah," ucap Siti menerima bantuan itu.


    Siti mengatakan tak menyangka mendapat bantuan bedah rumah. Ia sudah mengubur dalam impiannya membangun rumah, karena kondisi ekonominya yang susah.


    "Ya senang sekali, alhamdulillah rumahnya diperbaiki. Saya hanya jualan sayur, dapat uang hanya cukup untuk makan. Nggak bisa buat dandan rumah," katanya.


    Siti membenarkan dirinya tinggal bersama 17 anak dan cucunya. Mereka tinggal seadanya dan tidur juga seadanya.


    "Ya tidur disembarangan, kalau ngantuk ya yang penting bisa tidur. Alhamdulillah kalau ini diperbaiki, bisa jadi lebih layak untuk ditempati," tuturnya.


    Siti terus mengucapkan terimakasih pada Ganjar. Ia mendoakan Ganjar selalu sehat, berumur panjang dan mendapat rejeki berlimpah.


    "Maturnuwun pak, saya ndak bisa balas. Mugi gusti Allah sing balas," katanya sambil menyalami Ganjar.


    Ganjar sendiri mengatakan, program RTLH terus ia genjot. Rumah-rumah yang tidak layak huni, akan terus dicari dan dibantu agar lebih sehat.


    "Ya kebetulan ini ke Salatiga jadi mampir ke rumah bu Siti. Memberikan bantuan RTLH ini. Kita perbaiki supaya rumahnya lebih sehat sekaligus lebih nyaman.


    Sejak memimpin Jawa Tengah, Ganjar memang gencar melakukan program RTLH. Sampai saat ini, ratusan ribu rumah tidak layak huni telah mendapat bantuan RTLH dari Ganjar. Dalam empat bulan terakhir, lebih dari 6.600 rumah tidak layak huni yang diperbaiki Ganjar di Jawa Tengah. Bantuan pembangunan rumah pada warga miskin itu dilakukan sebagai salah satu upaya pengentasan kemiskinan.(rls/wil) 


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top