• Berita Terkini

    Selasa, 10 Mei 2022

    Puluhan Bus di Terminal Kebumen Jalani "Ramcek"

     


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Untuk memastikan keamanan penumpang selama arus balik Lebaran Idul Fitri 1443 H tahun 2022, Disperkimhub Kabupaten Kebumen melakukan pemeriksaan/ramcek terhadap armada bus di Terminal Tipe A Kebumen. Pemeriksaan dilakukan khususnya bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

    Kelapa Disperkimhub Kabupaten Kebumen, Slamet Mustolkhah, melalui Kepala Terminal Tipe A Kebumen, Slamet Jiwantoro mengatakan pemeriksaan atau pengecekan setiap armada bus untuk memastikan keamanan armada bus bagi penumpang yang akan melakukan mudik balik Lebaran.


    “Kami memeriksa armada bus  yang tidak ada stiker ramcek atau hilang, untuk dilakukan ramcek minimal secara manual, baik segi teknis maupun administrasinya. Sesuai persyaratan dan ketentuannya,”katanya kepada Ekspres, Minggu (8/5/2022)


    Selain mengecek kelengkapan surat-surat kendaraan, petugas terminal juga melakukan pengecekan unsur teknis seperti lampu, rem, ban, body kendaraan, dan sebagainya."Ramcek sangat penting agar kondisi kendaraan betul-betul baik dan laik jalan sehingga boleh mengangkut penumpang, serta mencegah terjadinya kecelakaan," ujarya.


    Slamet menambahkan, sejak tanggal 25 April hingga 7 Mei 2022 total bus yang diperiksa secara manual dan dinyatakan laik jalan ada sebanyak 44 bus AKAP dan 28 bus AKAP tidak laik jalan. Sedangkan bus pariwisata ada 14 bus laik jalan dan 19 bus tidak laik jalan.


    "Untuk Bus AKDP ada satu yang tidak laik jalan, pemeriksaan kami lakukan sampling secara manual, misalnya klakson mati, atau lampu mati sebelah, ini untuk meminimalisir hal yang tidak inginkan,  karena peralatan khusus ada di Disperkimhub Kebumen," katanya.


    Tak hanya itu, Slamet menambahkan, pihaknya juga menghimbau kepada sopir bus untuk tetap mengecek kendaraannya secara berkala agar memudahkan selama perjalanan."Kami juga himbau untuk sopir dengan kondisi lelah jangan memaksakan untuk mengemudi, sebaiknya bergantian dengan sopir cadangan, di Terminal Tipe A Kebumen kami juga bekerja sama dengan Dinkes untuk pengecekan kesehatan sopir bus," (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top