• Berita Terkini

    Selasa, 10 Mei 2022

    Penumpang Terminal Bus Kebumen Meningkat 200 Persen


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Terminal Tipe A Kebume, selama mudik Lebaran ini,  mengalami lonjakan penumpang bus. Peningkatannya pun cukup signifikan, yakni 200 persen dibandingkan hari-hari biasa.


    Kepala Terminal Tipe A Kebumen, Slamet Jiwantoro mengatakan, selama arus mudik dan arus balik lebaran tahun ini penumpang mengalami peningkatan drastis hingga 200 persen. Setiap harinya sekitar 2.500 orang penumpang menaiki bus dari Terminal Tipe A Kebumen. "Kenaikan 200 persen bahkan tiga kali lipat dibandingkan hari-hari normal juga saat Pandemi Covid-19," katanya.


    Untuk jumlah kedatangan penumpang yang turun di Terminal Kebumen, Slamet menyampaikan  sekitar seribu hingga dua ribu penumpang setiap harinya. “Peningkatan tajam masih didominasi keberangkatan karena sudah mulai arus balik, namun jumlah kedatangan masih tinggi,” kata Slamet didampingi Kepala Seksi Angkutan Disperkimhub Kabupaten Kebumen, Sih Kiswoyo kepada Ekspres, Minggu (8/5/2022).


    Disisi lain, Sih Kiswoyo menjelaskan hampir semua bus antarkota antarprovinsi (AKAP) dan bus antar kota dalam provinsi (AKDP) penuh. Meski tak sebesar penumpang bus AKAP, jumlah penumpang bus AKDP lebih sedikit, terutama angkutan bus dalam kota."Sama-sama mengalami peningkatan namun tidak terlalu signifikan, paling banyak yakni AKAP dan Pariwisata," katanya.


    Terkait lonjakan kedatangan bus, rata-rata bus yang masuk di Terminal Kebumen di angka 150 hingga 200 bus setiap harinya. Untuk mengamankan jalanya lalu lintas penumpang dan bus di Terminal A Kebumen, Disperkimhub Kebumen dan jajaran petugas Terminal terus melakukan pantau keamanan selama 24 jam untuk mengantisipasi tindak kejahatan atau hal-hal yang tidak diinginkan di dalam terminal.

    "Petugas kami terus melakukan penjagaan dan keamanan di terminal, terutama saat arus balik ini, sebisa mungkin dan semaksimal mungkin dengan kondisi terminal yang sedang diperbaiki, kami upayakan melayani penumpang dengan sebaik mungkin,” katanya.

    Sementara itu, salah satu petugas agen tiket bus, Nur Syamsi warga Adikarso Kebumen, mengatakan hasil penjualan tiket lebaran tahun ini mengalami peningkatan drastis dibanding tahun sebelumnya."Alhamdulilah sejak arus balik lebaran ini tiket selalu terjual habis dibandingkan saat lebaran pandemi tahun kemarin, saya dari pagi sampai malam harus standby di agen," katanya. (Fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top