• Berita Terkini

    Selasa, 08 Maret 2022

    Tiga Narasumber PWI Goes To School Hadir di Kelas Jurnalistik Smanda


    KEBUMEN - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kebumen menggelar pelatihan jurnalistik di SMA N 2 Kebumen, Jumat (04/03/2022). Kegiatan bertajuk PWI Goes to School ini dalam rangkaian peringatan Hari Pers Nasional (HPN) dan HUT ke – 76 PWI.


    Sedikitnya 40 siswa hadir dalam kegiatan itu, diantaranaya mereka yang tergabung dari ekstra Jurnalistik, Smitch, dan pengurus OSIS. Kegiatan itu dihadiri oleh Waka Kesiswaan SMA N 2 Kebumen, Tri Ngudi Prasetyo mewakili Kepala SMA N 2 Kebumen Basir SPd MPd.


    Kegiatan berlangsung selama 4 jam dengan menghadirkan tiga narasumber dari PWI Kebumen yakni Komper Wardopo wartawan (Suara Baru.id), Nanang Widy Hartono (Koran Bernas.id), Bagus Sukmawan (Kedaulatan Rakyat /KR Jogja) ketiganya menyampaikan materi terkait undang-undang pers dan bijak dalam menggunakan media sosial.



    Nanang Widy Hartono yang juga penasehat PWI Kebumen menceritakan, sejarah terbentuknya PWI dan menjelaskan secara garis besar tentang PWI itu sendiri, kelahiran organisasi wartawan yang pertama di Indonesia yaitu Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) pada 9 Februari 1946. Selain itu juga disinggung peran dan fungsi pers, sesuai Undang-undang No 40 Tahun 1999 tentang Pers yakni menyampaikan informasi, memberikan pendidikan, memberikan hiburan, kontrol sosial dan sebagai lembaga bisnis.



    Selain itu, Bagus Sukmawan menuturkan betapa pentingnya komitmen yang kuat diikuti dengan konsistensi dalam memegang komitmen dan mengingatkan kepada generasi muda agar lebih meningkatkan literasi yang kuat dan bersaing dengan negara lain. 


    "Bijak dalam bermedia sosial harus dimunculkan dari komitmen diri kita sendiri," ujar Bagus Sukmawan.


    Sedangkan, menurut Komper Wardopo, pers juga berperan strategis karena sebagai kekuatan keempat lembaga demokrasi setelah kekuasaan Esekutif, Legislatif dan Yudikatif. 


    "Dengan fungsi kontrolnya pers atau media memiliki peran penting mengawasi berbagai pihak melalui pemberitaan yang kritis," katanya.


    Tak hanya itu, Wardopo mendorong para pelajar SMAN2 Kebumen terus meningkatkan literasi. Khusus kepada pelajar yang mengikuti ekstrakulikuler jurnalistik, diharapkan terus belajar menulis dan mempublikasikan semua kegiatan positif di sekolah.



    Tak hanya itu, dalam kesempatan itu perwakilan dari PWI juga mengoreksi karya garapan dari anak jurnalistik SMA N 2 Kebumen dan memberikan apresiasi hasil tulisan mereka. 


    Kegiatan itu dibuka sesi tanya jawab, Elvina Ardyanti perwakilan dari XI MIPA 2 memberikan sejumlah pertanyaan dan dijawab tuntas oleh perwakilan PWI Kabupaten Kebumen. Acara tersebut ditutup dengan foto bersama dilanjutkan dengan pembuatan artikel tentang rangkuman kegiatan tersebut bagi anak - anak yang mengikuti pelatihan jurnalistik. (*/fur)

    Oleh : Byond Thaufik Hidayat

    Penulis adalah siswa Kelas : X MIPA 5 SMA N 2 Kebumen yang tergabung dalam Ekstrakulikuler Jurnalistik.



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top