• Berita Terkini

    Minggu, 20 Februari 2022

    Gencarkan Kampanye Hidup Sehat Lewat Senam Zumba


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Senam Zumba kini semakin populer di kalangan warga Kebumen, khususnya kaum hawa. Zumba dinilai bagus untuk menjaga kebugaran tubuh terlebih di masa pandemi Covid-19, dimana daya tahan tubuh harus selalu kuat.


    Dalam rangka menyosialisasikan pentingnya menjaga kesehatan pula,  Komunitas Zoya Zumba Lovers mengadakan acara Senam Zumba Bersama di Hotel Grand Kolopaking Kebumen baru-baru ini. 


    Dalam kegiatan ini, para peserta menerapkan protokol kesehatan (prokes) ketat. Senam yang dipandu oleh Zin Lulu, Zin Re Kebumen dan Zin Ebhi dari Yogyakarta itupun berlangsung semarak.


    Para peserta, terdiri dari karyawan dan masyarakat umum dari berbagai latar belakang itupun terlihat antusias. Mereka bahkan meminta kegiatan semacam ini menjadi agenda rutin. Hadir kemarin, Wakil Bupati Kebumen, Ristawati Purwaningsih, Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono, Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama, Kajari Kebumen Fajar Sukristyawan dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kebumen Asep Nurdiana. Tak hanya itu, dalam kegiatan itu dibagikan hadiah dan doorprize menarik kepada peserta. 

    Koordinator kegiatan, Zin Lulu Masluhah menjelaskan, kegiatan kemarin menandai mulai berdenyutnya kembali aktivitas mereka setelah sebelumnya sempat vakum gegara pandemi covid-19.


    Selama masa pandemi pula, komunitas ini memilih melakukan senam bersama dengan peserta terbatas di gerai senam Zoya. Nah, untuk edisi kali ini, mereka kembali bisa menggelar di tempat yang lebih terbuka untuk publik sekaligus dalam rangka menyemarakkan Hari Valentine pada 14 Februari.

    "Selama dua tahun pandemi tidak pernah ada kegiatan diluar, bertepatan hari valentine ini kami mencoba kegiatan untuk membuat semangat para anggota," ujarnya.

    Apa manfaat senam zumba? Zin Lulu menjelaskan, senam zumba bagus untuk menjaga kebugaran tubuh. Zumba juga bagus melancarkan peredaran darah, menjaga kesehatan jantung, dan manfaat yang sangat diidam-idamkan para kaum wanita yaitu dapat menurunkan berat badan jika dilakukan secara rutin minimal satu minggu sekali. Zumba juga dapat mengurangi stres.


    Masih ujar Zin Lulu, sebelum melakukan senam ini, peserta diminta menyiapkan fisik dengan baik karena senam ini cukup menguras keringat.


    "Sebelum melakukan senam untuk para peserta sarapan terlebih dahulu mengonsumsi air putih agar tidak terjadinya dehidrasi. Bagi teman-teman yang usai melakukan sarapan pagi, agar dapat memberi jeda minimal 1 jam setelah makan guna mencegah sakit perut atau kram pada perut," katanya.


    Zin Lulu menambahkan, zumba bisa dilakukan untuk segala usia, bahkan masih aman untuk para peserta yang berusia 40 tahun keatas karena gerakan yang digunakan adalah aerobic low impact.(fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top