• Berita Terkini

    Jumat, 21 Januari 2022

    Hujan Lebat Picu Longsor dan Pohon Tumbang di Kebumen


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-  Hujan lebat mengguyur sejumlah wilayah di Kabupaten Kebumen, Kamis (20/1/2022). Akibatnya, sejumlah pohon tumbang menyusul hujan lebat disertai angin kencang tersebut.

    Seperti di  Desa Nampudadi, Kecamatan Petanahan, hujan lebat menyebabkan pohon salam tumbang dan menutup jalan. Hujan lebat juga memicu terjadinya longsor di Dusun Kaligending, Desa Argosari, Kecamatan Ayah.


    Tidak ada korban dalam peristiwa ini. Namun pohon tumbang sempat menimpa jalan. Kemudian longsor membuat salah satu rumah warga rusak. 


    Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasi Humas Polres AKP Tugiman menyampaikan, peristiwa pohon yang terjadi sekitar pukul  16.00 WIB. Pohon yang sempat menutup jalan telah dievakuasi, dan arus lalu lintas sudah kembali normal.  "Pohon sudah dievakuasi. Arus lalu lintas kembali normal. Beruntung saat tumbang, tidak ada warga yang melintas," ungkap AKP Tugiman. 

    Selain menutup jalan, dari peristiwa itu pohon sepanjang kurang lebih 13 meter jatuh menimpa kawat listrik dan sempat menyebabkan listrik padam. Adanya peristiwa tersebut, AKP Tugiman mengimbau kepada masyarakat untuk lebih hati-hati dan waspada saat bepergian. 


    Masih ujar  AKP Tugiman, hujan juga membuat bencana longsor terjadi di Dusun Kaligending, Desa Argosari, Kecamatan Ayah, tepatnya di teras rumah Trimo milik warga setempat. Longsor terjadi pada hari Kamis (20/1) sekitar pukul 22.30 WIB setelah daerah tersebut diguyur hujan lebat sejak siang harinya.

    "Awalnya pemilik rumah mendengar suara gemuruh, saat dicek rupanya talud yang berada tepat di teras rumahnya longsor. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu," jelas, Jumat (21/1).


    Dari kejadian itu, material longsor menutup jalan di samping rumah Trimo dan hari ini sudah dievakuasi warga bersama dengan Polsek Ayah. Trimo diperkirakan mengalami kerugian material kurang lebih 22 juta Rupiah karena talud mengalami kerusakan cukup parah.

    Selanjutnya, di waktu malam yang bersamaan, pohon tumbang menimpa rumah warga, Teguh (37) warga Desa Mrentul, Kecamatan Bonorowo sekitar pukul 03.30 WIB. 

    Pohon berukuran lumayan besar tersebut menimpa rumah Teguh bagian belakang yang menyebabkan atap rumahnya rusak.  Adanya peristiwa tersebut AKP Tugiman mengimbau kepada masyarakat untuk lebih meningkatkan kewaspadaan. Hujan lebat berpotensi menyebabkan bencana alam serta pohon tumbang. 


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top