• Berita Terkini

    Senin, 20 Desember 2021

    Peringatan Hari Relawan Dipusatkan di Pantai Petanahan


    KEBUMEN (kebumenekspres.com))-  Peringatan Hari Relawan di Kabupaten Kebumen dipusatkan di Obyek Wisata Pantai Petanahan. Sedikitnya 400 relawan pun mengikuti kegiatan yang digelar pada  Minggu (19/12/2021) itu.


    Dalam kesempatan itu, PMI Cabang Kebumen mengelar Apel Kesiapsiagaan yang dipimping langsung Bupati Arif Sugiyanto. Peserta terdiri dari para Tenaga Sukarela (TSR), Korp Sukarela (KSR), Palang Merah Remaja (PMR) dan Tim Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (SIBAT). Dalam kesempatan ini, sekaligus digelar pengukuhan pengurus PMI Kecamatan se-Kabupaten Kebumen.

    Bupati Kebumen Arif Sugiyanto dalam sambutannya mengatakan menjadi relawan adalah sebuah panggilan jiwa. Panggilan kemanusiaan untuk membantu meringankan beban saudara-saudara yang membutuhkan. 


    Menolong orang yang membutuhkan bantuan adalah sebuah hal yang menyenangkan. Dalam berbagai ajaran agama, selalu mengedapankan nilai-nilai kebaikan, pun termasuk dengan tradisi dan budaya kita yang menjunjung tinggi nilai kebersamaan, gotong royong, dan kerelaan.


    "Atas nama Pemerintah Kabupaten Kebumen saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh relawan yang telah mengabdikan dirinya, yang telah bekerja sama dalam setiap masalah yang kita hadapi, termasuk relawan kemanusiaan melalui PMI. Melalui peringatan Hari Relawan ini, kita memperingati keikhlasan, memperingati bahwa apa pun permasalahan dapat diselesaikan dengan bekerja sama tanpa pamrih, saling membantu, dan tidak kalah penting yakni peringatan akan pengabdian diri terutama dalam hal kemanusiaan," katanya.


    Selain itu, Bupati Arif berpesan, kepada seluruh relawan untuk terus meluruskan niat demi menolong sesama. Menjadi seorang relawan bukan untuk waktunya mencari keuntungan tetapi waktunya untuk menjadi berkat bagi orang lain.  "Jangan pernah lelah menebarkan semangat kebaikan, bergotong royong berbagi solidaritas untuk masyarakat yang kekurangan dan jangan pernah ragu," katanya.

    Sementara itu, Ketua PMI Kebumen, Sabar Irianto  berharap hadirnya pengurus PMI di tiap-tiap kecamatan akan banyak merekrut relawan-relawan baru. Sabar berpesan, kepada para pengurus yang dikukuhkan agar terus memenuhi tugas-tugas kemanusiaan.

    "Pelantikan tersebut memang dibutuhkan. Mengingat, masa bakti pengurus sebelumnya sudah habis.  Karena itu, harus mampu memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sesuai dengan visi misinya,” kata Sabar didampingi Plt Kepala Markas PMI Kebumen Didik Novendi.

    Sabar berharap,  pengurus PMI di tingkat kecamatan segera merekrut relawan karena dinilai dibutuhkan tenaga-tenaga baru. Mengingat, sudah banyak relawan yang sudah berganti status dan kesibukan.

    "Hadirnya relawan muda tentunya menambah semangat untuk menolong dan bergerak untuk kemanusiaan," pungkasnya. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top