• Berita Terkini

    Jumat, 26 November 2021

    SMP N 1 Poncowarno Gelar Donor Darah


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Para siswa Asisten Pembina PMR Madya SMP Negeri 1 Poncowarno yang tergabung dalam Palang Merah Remaja (PMR) melakukan aksi Bersama Pengurus PGRI Ranting Poncowarno. Ini dengan menggelar “Donor Darah Sukarela”, baru-baru ini.


    Kegiatan dilaksanakan dengan petugas dari PMI Unit Transfusi Darah. Merekapun antusias mengikuti kegiatan dengan menerapkan protocol kesehatan.

    Kegiatan donor darah kali ini menjaring Donor Darah Sukarela di Wilayah Poncowarno. Ini meliputi guru dan karyawan SD/MI, guru dan karyawan SMP/MTs dan Forkompincam sekitar Poncowarno. Dengan penuh semangat para pendonor melakukan Donor Darah. 


    Ini dimulai dari pendaftaran, cek suhu badan, isi buku tamu dan biodata, ukur tensi, cek HB jika lolos untuk mendapatkan surat bias mengikuti donor,pengambilan darah dilanjutkan istirahat dan ramah-tamah.


    Ketua Program UKS Nazi Hafid SPdI  mengatakan kegiatan diikuti oleh 39 pendonor. Dari jumlah tersebut yang berhasil donor sebanyak 10 orang. Aksi Donor Darah Sukarela yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Poncowarno juga dalam rangka menjaring Para Pendonor Sukarela di Wilayah Kecamatan Poncowarno. Selain itu juga untuk dokumentasi UKS SMP Negeri 1 Poncowarno. “Ini juga  agar peserta didik dapat mengambil contoh kebiasaan hidup sehat dengan Donor Darah,” tuturnya.


    Tak kalah penting, Asisten Pembina juga diberi tugas untuk membantu kegiatan tersebut, dan juga melakukan wawancara secara langsung bagaimana tata cara donor darah.

    Sementara itu Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Poncowarno Dra Hendriyati Trikorwati MPd menyampaikan kegiatan Donor Darah sukarela tersebut sangat penting. Selain untuk aksi sosial yakni membantu bagi yang membutuhkan kantung darah, kegiatan juga menjadi sarana edukasi yang baik bagi para asisten Pembina PMR.


    “Ini agar meraka mendapatkan pengalamanan yang nyata tentang bagaimana proses Donor Darah Sukarela yang dilaksanakan. Semoga menjadi pendidikan yang bermanfaat,” ungkapnya.


    Disampaikan pula, donor darah menjadi salah satu kegiatan yang sangat penting. Diharapkan pula semoga ke depan kegiatan donor dapat menjadi penyemangat untuk kegiatan PMR di Sekolah.

    Di akhir acara  para anggota PMR membantu panitia untuk merapikan tempat kegiatan dan dilakukan foto bersama.(mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top