• Berita Terkini

    Senin, 15 November 2021

    Penting! Tujuh Persiapan Penting Sebelum Naik Motor Jarak Jauh


    Sumber: https://unsplash.com/photos/CagrGTDlyDA
    Masih banyak warga masyarakat memilih menggunakan sepeda motor untuk menempuh perjalanan jauh. Terlebih saat libur panjang atau lebaran, jumlah pengguna sepeda motor meningkat drastis.


    Nah, ada sejumlah hal yang harus dipersiapkan agar perjalanan jarak jauh ini nyaman, sekaligus aman.  Tanpa persiapan, cukup berbahaya jika Anda harus menempuh jarak yang cukup jauh dengan motor. Cuaca, kondisi jalan dan lalu lintas menjadi faktor yang dikhawatirkan bisa menimbulkan kecelakaan. 


    Bagaimana supaya Anda bisa selamat sampai tujuan dengan motor, simak persiapan naik motor jarak jauh selengkapnya di bawah ini. 

    Perhatikan Cara Aman Naik Motor Jarak Jauh Ini

    Selain pulang kampung, touring adalah kegiatan berkendara jarak jauh yang juga sering dilakukan. Bisa berkendara naik motor dengan teman satu sekolah, kantor atau satu hobi jadi sangat menyenangkan. 


    Hanya aspek keselamatan sebelum dan selama berkendara harus jadi perhatian utama Anda. Demi keselamatan Anda sampai dengan tujuan, sebaiknya ikuti ketujuh tipsnya berikut ini. 


    1. Servis Motor atau Cek Kondisinya 

    Hal utama yang harus diperhatikan adalah kondisi dari kendaraan yang hendak Anda naiki. Kondisi motor harus selalu dalam keadaan prima, baik mesin dan juga bodi. Jika perlu Anda bisa servis motor ringan dan ganti oli terlebih dahulu. 


    Pengecekan secara menyeluruh baik itu rem, roda, lampu, oli, aki dan lainnya harus dilakukan. Apalagi jika motor Anda termasuk keluaran lama yang membutuhkan perhatian ekstra. 


    Motor yang bermasalah sudah pasti akan menghambat perjalanan Anda. Jangan sampai motor mogok di tengah jalan, padahal Anda melewati area yang jarang pemukiman. 


    2. Menjaga Kesehatan Tubuh agar Tetap Fit 

    Berencana untuk berkendara dari Jakarta sampai Jember atau dari Palembang sampai Semarang? Anda akan menghabiskan waktu berjam-jam di perjalanan, jadi sebaiknya jaga kesehatan tubuh sebelum hari H. 


    Hindari begadang semalam sebelum berangkat, sebaiknya Anda tidak minum kopi agar bisa tidur dengan nyenyak. Anda juga bisa minum vitamin sebelum berangkat agar imun tubuh meningkat. 


    Kesehatan tubuh ini sangat penting supaya konsentrasi selama di perjalanan tidak terganggu. Lelah yang berlebihan dapat menghilangkan fokus yang mengakibatkan Anda ditilang karena melanggar lalu lintas atau bahkan kecelakaan. 


    3. Mengenakan Jaket yang Tebal dan Nyaman 

    Jaket adalah salah satu perlengkapan berkendara jarak jauh yang sangat penting. Anda bisa memilih jaket pria yang cukup tebal dan nyaman digunakan. Tips untuk memilih fashion ini dengan mempertimbangkan bahwa jaket yang Anda pilih mampu menahan angin dan ventilasi yang baik. 


    Kenyamanan jaket juga disesuaikan dengan ukurannya, Anda bisa memilih yang tidak terlalu ketat atau longgar. Pastikan jaket pas di badan agar tidak mengganggu perjalanan. 


    Anda bisa mencari jaket dengan ukuran, bahan dan model yang sesuai di Blibli. Ada banyak merk jaket yang harganya ramah di kantong. Sebaiknya Anda segera memesan sekarang juga di Blibli untuk melengkapi persiapan keberangkatan Anda dengan baik.


    4. Mengenakan Helm yang Pas di Kepala 

    Fungsi jaket adalah melindungi tubuh agar tidak terkena angin bahkan kelembaban selama perjalanan. Namun urusan kepala juga tidak kalah pentingnya, Anda wajib mengenakan helm. 


    Jenis helm yang digunakan juga harus pas di kepala. Pastikan agar helm sudah memiliki Standar Nasional Indonesia (SNI) yang merupakan peraturan baku. Helm harus bisa memainkan perannya untuk melindungi kepala. 


    Helm yang sudah berstandar SNI memiliki kekuatan yang baik seperti tahan terhadap benturan keras. Ukuran helm juga harus pas karena wajib bisa melindungi kepala secara keseluruhan. 


    5. Tidak Lupa Menggunakan Sepatu yang Nyaman

    Jangan pernah berkendara jarak jauh hanya mengenakan sandal jepit atau sandal gunung. Sandal bukanlah cara aman naik motor karena tidak mampu melindungi kaki dengan baik. 


    Layaknya jaket yang melindungi tubuh, sepatu akan melindungi kaki Anda dari panas knalpot dan juga cuaca ekstrim baik hujan dan panas. Sepatu juga berfungsi untuk melindungi kaki dari risiko cedera ketika terjatuh atau saat mengalami kecelakaan. 


    Pilihlah ukuran sepatu yang pas di kaki sehingga Anda akan tetap nyaman selama beberapa jam mengendarai motor. 


    6. Hindari Membawa Barang Berlebihan 

    Persiapan naik motor jarak jauh yang selanjutnya sering diabaikan adalah tidak membatasi jumlah barang bawaan. Seperti membawa barang sebanyak-banyaknya seperti oleh-oleh bagi kerabat di kampung karena Anda akan mudik.


    Bawa saja barang secukupnya dengan tas ransel di depan, jika kurang bisa dengan tas ransel diletakkan di depan ketika menggunakan motor matik. Pilih barang bawaan yang praktis untuk dibawa. 


    Barang yang terlalu banyak hanya akan membuat konsentrasi Anda terpecah. Karena posisi barang bawaan dapat mengganggu kenyamanan. Belum lagi jika Anda tidak pergi sendiri, hadirnya barang akan membuat tempat duduk semakin sempit. 


    7. Pastikan Surat-Surat Kendaraan Lengkap

    Kelengkapan kendaraan berupa surat-surat juga harus diperhatikan. Mulai dari SIM harus dicek apakah masa berlakunya masih aktif atau tidak. Kemudian cek juga STNK motor apakah sudah membayar pajak tahunan. 


    Surat-surat ini penting untuk perjalanan jarak jauh agar Anda tidak terkena tilang. Seringkali pemeriksaan surat-surat kendaraan ini dilakukan di batas antar provinsi. Jika tidak ingin rugi membayar tilang sebaiknya cek terlebih dahulu. 


    Naik motor berjam-jam adalah kegiatan yang melelahkan. Semua persiapan ini bisa menjadi antisipasi Anda dari efek naik motor jarak jauh seperti terpapar polusi atau kondisi cuaca buruk. Demi menghindari cuaca seperti hujan, Anda bisa mengecek ramalan cuaca terlebih dahulu. Pastikan waktu touring atau mudik Anda saat cuaca cerah sehingga usai perjalanan Anda tidak jatuh sakit. 


    Jadi apakah semua persiapan naik motor jarak jauh ini sudah Anda lakukan selama ini? Jika belum, mulailah untuk membiasakannya. 


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top