• Berita Terkini

    Kamis, 28 Oktober 2021

    131 Pendekar Ikuti Kejuaran Pencak Silat Bupati Cup


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Sebanyak 131 pendekar mengikuti Kejuaran Pencak Silat Bupati Cup. Ini digelar dalam  dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda tahun 2021. Kejuaraan yang berlangsung di Aula Setda Kebumen Kamis, (28/10/2021).


    Acara dibuka oleh Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto. Ini ditandai dengan pemukulan gong. Acara dilanjutkan dengan Buka Gelanggang oleh Emi Safii yang merupakan sesepuh Pencak Silat Kebumen.


    Bupati Kebumen H Arif yang juga Ketua IPSI Kebumen dalam sambutannya menyampaikan Pencak Silat merupakan warisan budaya Indonesia yang harus dilestarikan. Sehingga sudah sepatutnya masyarakat mengenal dan mencintai pencak silat.


    Bupati juga berharap kedepan banyak  generasi Kebumen yang terlahir dari pencak silat. Sehingga diharapkan para pemuda dapat memotivasi diri untuk mnciptakan keberhasilan. “Keberhasilan dari diri sendiri bukan dari orang lain. Tatap masa depan mulai dari hal yang kecil,” tuturnya.


    Bupati juga berpesan, para peserta belajar untuk membentengi diri dan membela diri. Pencak silat bukan untuk menunjukan arogansi. Para atlet di harap untuk senantiasa menjunjungi tinggi sportifitas dan kearifan serta budi pekerti. “Belajar silat untuk menggali potensi diri, mengembangkan prestasi dan bukan untuk berkelahi dan sok jogoan,” jelasnya.


    Sementara itu Ketua Panitia Durori menjelaskan kejuaran pencak silat tersebut berlangsung selama 2 hari yakni  28 hingga 29 Oktiber 2021. Ini dengan diikuti 81 peserta putra dan 50 peserta putri. Mereka dari 11 perguruan pencak silat dibawah naungan IPSI Kebumen. “Ada 131 peserta, yang akan bertanding baik laga maupun Seni Tunggal,” jelasnya. 


    Kejuaran tersebut diharapkan sebagai ajang silaturahmi antar perguruan pencak silat, memberi kesempatan para pemuda untuk berprestasi, dan pembinaan prestasi pencak silat Kebumen di masa pandemi.  "Selain sebagai ajang silaturahmi, juga sebagai pembinaan pemuda dibidang prestasi pencak silat,” terangnya.


    Hadir dalam kesempatan itu Kadisporawisata Muhamad Arifin, Pengurus KONI, Pengurus IPSI Kebumen, Sesepuh/Ketua padepokan, dan perwakilan dari perguruan Pencak Silat Tri Tunggal Jati, Tapak Suci, IKS Kera Sakti, Persinas, PSHT, Merpati Putih, Mande Muda, Tri Sukma Jati, Siteki, Tri Guna Sakti, dan Setia Budi. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top