• Berita Terkini

    Senin, 06 September 2021

    Warga di Kebumen Musti Hati-Hati Order Fiktif Atasnamakan Pejabat Polri!

     


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Warga diminta waspada terhadap tindak kejahatan dengan modus order fiktif melalui SMS ataupun pesan Whatsapp yang mengatasnamakan pejabat Polri, Polsek maupun Polres. 


    Pelaku kejahatan sengaja memesan sejumlah pesanan makanan, hingga pulsa kepada warga masyarakat dengan mencatut pejabat Polri agar aksinya mulus. Kerugiannya tak sedikit, bisa mencapai ratusan ribu rupiah. Hal ini tentu sangat meresahkan masyarakat terutama para pedagang.


    Tak ingin aksi itu terus berlanjut, Polres Kebumen melalui Polsek melakukan sosialisasi tentang modus penipuan baru agar diwaspadai bersama.  


    Senin (6/9/2021), Polsek Petanahan melakukan sosialisasi tentang modus kejahatan penipuan order fiktif, dengan cara membagikan poster tentang cek dan ricek order yang mencurigakan kepada para pedagang di kompleks Pasar Petanahan.


    Kapolres Kebumen AKBP Piter Yanottama melalui Kasi Humas Polres Iptu Tugiman menyampaikan, hal ini agar masyarakat lebih teliti dan waspada.  "Beberapa kali ditemukan kasus kejahatan dengan modus order fiktif seperti itu. Melalui Polsek kita sosialisasikan tentang modus kejahatan itu agar lebih waspada," jelas Iptu Tugiman.

    Dalam poster itu, warga diimbau untuk melakukan konfirmasi ke nomor SMS yang dibagikan oleh Polsek Petanahan. Nomor telepon itu aktif 24 jam. "Harapannya, tidak ada lagi warga yang ditipu dengan mengatasnamakan pejabat. Jika ada orderan dan meragukan bisa menghubungi nomor yang tertera pada poster itu," tandasnya. 

    Sebelumnya pernah terjadi, Polsek Petanahan diteror order fiktif makanan.  Pelaku mengaku anggota Polsek Petanahan memesan makanan dari sejumlah warung via Whatsapp untuk di antar ke polsek, Sabtu (9/1/2021). Modus yang digunakan, pelaku memesan makanan via media sosial Whatsapp ke sejumlah warung di Kecamatan Petanahan.

    Untuk meyakinkan pemilik warung, pelaku menggunakan photo profile Whatsapp bergambar polisi.(win/cah)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top