• Berita Terkini

    Selasa, 14 September 2021

    UMKM Gelar Roadshow Antar Kantor Dinas


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Sejumlah pelaku UMKM di Kebumen melakukan roadshow atau menggelar dagangan mereka dari kantor ke kantor. Di beberapa lokasi tujuan, yakin kantor OPD di Lingkungan Pemkab Kebumen. Berbagai produk dipajang mulai dari produk makanan ringan, minuman hingga barang kerajinan.


    Salah satu peserta roadshow, Emi Syahriani menyampaikan ini merupakan salah satu cara untuk memasarkan produk UMKM bagi tergabung dalam Rumah UKM Kebumen (Rukun).  Roadshow dilaksanakan juga dalam upaya mendukung Program Unggulan Bupati Kebumen Arif Sugiyanto yakni  Demen Mbumen.


    "Kita harus sadar,  tidak semua produk UMKM Kebumen telah dikenal oleh masyarakat luas. Karenanya itu kami lakukan dari kantor ke kantor untuk mengenalkan produk-produk dari teman-teman UKM Kebumen," terang Emi, Senin (13/9/2021).


    Disampaikannya, Rumah UKM Kebumen atau Rukun merupakan wadah yang dibentuk secara mandiri oleh beberapa pelaku UKM di Kebumen. Melalui wadah ini, mereka melakukan kurasi atau pemilahan produk yang dinilai layak jual. 


    Setelahnya, Rukun menyusun katalog produk untuk didisplay dan dipasarkan secara bersama-sama. Adapun Rumah UKM Kebumen, dikatakan Emi, merupakan wadah bagi pelaku UMKM untuk bisa memasarkan produknya secara bersama-sama. UMKM yang produknya masuk dalam katalog Rukun merupakan produk yang telah melalui proses uji dan verifikasi. Sehingga dipastikan layak untuk dipasarkan.


    "Tidak ada syarat khusus ya, yang wajib adalah UMKM tersebut memiliki produk, bukan reseller. Ini hari kami di DPRD Kebumen Alhamdulillah sambutan Anggota Dewan dan ASN di sini sangat baik. Banyak yang borong-borong,” katanya dengan gembira. 


    Pada kesempatan yang sama, Wakil Bupati Hj Ristawati Purwaningsih mengaku bangga bahwa pelaku UMKM Kebumen mampu berdikari dan berinisiatif untuk mengadakan roadshow. Langkah ini dinilainya sangat kreatif. Atas Nama Bupati Kebumen Hj Ristawati menyampaikan terimakasih atas dukungan dari Rumah UKM Kebumen.


    "Sangat luar biasa. Ini adalah upaya untuk lebih memasyarakatkan produk-produk unggulan asli Kebumen. Terimakasih karena rekan-rekan UKM tidak hanya berdiam diri namun turun sendiri ke lapangan,” kata Wakil Bupati Hj Rista, usai mendampingi Bupati mengikuti Rapat Paripurna DPRD.


    Demen Mbumen merupakan salah satu program unggulan Bupati dan Wakil Bupati Kebumen Arfi Sugiyanto Ristawati Purwaningsih. Melalui program ini, warga Kabupaten Kebumen khususnya ASN dihimbau untuk menggunakan produk buatan lokal Kebumen. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top