• Berita Terkini

    Rabu, 01 September 2021

    RSDS Sosialisasikan Pencegahan Kanker Serviks


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Untuk mencegah terjadinya kanker leher rahim atau kanker serviks pada wanita, Rumah Sakit Dr Soedirman (RSDS) menggelar sosialisi Deteksi Dini dan Penanganan Kanker Leher Rahim. Kegiatan tersebut juga dilaksanakan guna meningkatkan layanan para tenaga medis.


    Sosialisasi dilaksanakan di Ruang Auditorium RSDS Kebumen, dibuka secara langsung oleh Direktur RSDS Kebumen dr Widodo Suprihantoro MM. Terdapat dua narasumber yang mengisi acara tersebut yakni Spesialis Patologi Anatomi dr Intannuary Paringga Sp PA dan Spesialis Kandungan dr Sunardi Sp OG. Acara dihadiri oleh seluruh Pimpinan Rumah Sakit dan Juga Kepala Puskesmas di Kebumen, Rabu (1/9/2021). 


    Direktur RSDS Kebumen dr Widodo Suprihantoro menyampaikan sosialisasi dilaksanakan guna meningkatkan pelayanan rumah sakit terhadap masyarakat. Ini terutama yang kaitannya dengan kanker leher rahim atau kanker serviks. Dimana saat kini di RSUD dr Soedirman sudah ada empat dokter dengan spesialis kandungan. “Harapannya pasien yang dirujuk ke RSUD bisa segera tertangani,” tururnya. 


    Sebagai rumah sakit rujukan, RSDS Kebumen komitmen berperan aktif menurunkan angka prevalensi penyakit kanker serviks. Ini dengan menambah layanan pada Tahun 2020 untuk deteksi dini dan skrening kanker serviks dengan membuka pelayanan baru Laboratorium Patologi Anatomi. 

    Selain itu RSDS sebagai Rumah Sakit Rujukan Penanganan Neonatus Emergensi Komprehenship (PONEK) di Kebumen dengan angka persalinan tahun 2020  mencapai 2.803 dan 1022 diantaranya dilakukan secara Sectio Caesarea.


    “Di rumah sakit sekitar belum ada dokter spesialis patologi anatomi. Harapan kami juga dengan sosialisasi ini rumah sakit sekitar bisa merujuk ke RSDS Kebumen, bila ada pemeriksaan spesialis patologi anatomi,” katanya. 


    RSDS Kebumen sendiri menjamin keamanan antara pasien umum dan yang terpapar Covid-19. Ini dikarenakan dalam pemeriksaan telah dibedakan antara IGD Umum dan IGD Covid-19. Tidak jauh beda dengan yang di rawat jalan, yang mana pasien yang masuk diskrining terlebih dahulu. “Masyarakat jangan takut untuk periksa atau rawap inap di RSDS Kebumen, karena semua telah diskrining terlebih dahulu,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top