• Berita Terkini

    Kamis, 16 September 2021

    Penyandang Disabilitas Gombong Antusias Ikuti Vaksinasi Covid


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Tak kurang dari 75 disabilitas mendapatkan vaksinasi covid-19 dosis kedua. Para peserta pun antusias mengikuti kegiatan yang digelar di GOR Manunggal Gombong, Kamis (16/9/2021) itu.

    Hadir dalam pelaksanaan vaksinasi, Anggota DPP Partai Nasdem Bidang Kesehatan dr Reza Alauddien Mardhika, Ketua DPC Partai Nasdem Kebumen Awaludin Khamid serta jajaran anggota fraksi partai Nasdem. 


    Sedikitnya 1.000 dosis vaksin disiapkan untuk dibagikan gratis kepada masyarakat dalam kegiatan yang diinisiasi anggota Ketua DPP NasDem Bidang Perempuan dan Anak, Amelia Anggraini bersama Nakes PKU Muhamadiyah Gombong bekerjasama dengan Dinkes Kebumen tersebut. Pada kesempatan para penyandang disabilitas dan warga disuntik vaksin Sinovac.


    Anggota DPP Partai Nasdem Bidang Kesehatan dr Reza Alauddien Mardhika mengatakan, kegiatan vaksinasi secara periodik tersebut menjadi bagian penting upaya penanggulangan Covid-19 di Kabupaten Kebumen. Melalui program vaksinasi ini, diharapkan menjadi embrio langkah awal terbentuknya kekebalan komunal atau herd immunity bagi masyarakat.


    "Hari ini vaksinasi dosis kedua mendukung program pemerintah menggencarkan vaksinasi dengan harapan terbentuk kekebalan tubuh bagi masyarkat," kata dokter muda yang juga direktur Tradha Foundantion dan Ceo Tradha Grup.


    Gelaran vaksinasi menyisir kalangan masyarakat umum, kader partai sekaligus pekerja sektor informal di wilayah Gombong dan sekitar. dr Reza menyampaikan, program vaksinasi menjadi bagian penting untuk mendukung pemerintah dalam hal penanggulangan Covid-19. Pihaknya bersama jajaran internal serta para badan sayap dan kader partai berencana menggelar kegiatan serupa secara berkelanjutan.

    "Pandemi ini adalah pekerjaan rumah kita bersama. Bukan semata tugas pemerintah saja. Maka asas gotong royong melalui vaksinasi ini adalah kunci Indonesia terlepas dari ancaman pandemi Covid-19 yang sudah memasuki tahun kedua,” tandasnya.


    Lebih lanjut, pihaknya juga memprioritaskan penyandang disabilitas untuk mendapatkan vaksinasi. Perlakuan itu merupakan skenario perlindungan diri kepada masyarakat khususnya penyandang disabilitas sebagai antisipasi mengurangi penularan Covid-19. "Kita memang fokus kepada kaum yang selama ini termajinalkan termasuk penyandang disabilitas ada puluhan yang hadir dan kita jemput door to door," pungkasnya.


    Vaksinasi yang disambut antusias masyarakat itu juga dihadiri anggota DPP Partai NasDem Bidang Kesehatan serta jajaran partai di tingkat kabupaten. "Kami juga menghimbau dan mengajak kepada kader untuk menjalani vaksinasi. Kaum milenial serta kaum disabilitas juga bersama mengikuti kegiatan ini," kata Ketua DPC Partai Nasdem Kebumen Awaludin Khamid.

    Sementara itu, Ketua Sahabat Disabilitas Kebumen (SDK), Teguh Kuatno mengaku mengapresiasi kegiatan vaksinasi yang dicanangkan Partai NasDem. Menurutnya, langkah tersebut sebagai bentuk kerja keras bersama guna menekan laju Covid-19 khususnya di Kebumen meski angka pasien Covid-19 cenderung menurun.

    “Cukup membantu bagi kami untuk membentuk kekebalan tubuh. Semoga pandemi ini segera berlalu. Saya ucapkan terima kasih kepada Partai NasDem dan Tradha Foundantion yang sudah memberikan prioritas kepada kami,” ucapnya.

    Ia menegaskan, tantangan untuk menyudahi pandemi Covid-19 merupakan tanggung jawab bersama. Untuk itu, gelaran vaksinasi sebagai satu bagian upaya meminimalisir penyebaran Covid-19 perlu dukungan dari segenap masyarakat.

    “Kita sebagai masyarakat Indonesia yang baik patut mendukung dan saling bekerjasama dengan pemerintah dalam menanggulangi Covid-19, salah satunya dengan ikut vaksin,” jelasnya.

    Salah satu penyandang disabilitas lain Ardiansyah (18) menyambut baik vaksinasi tersebut untuk membentengi diri dari ancaman Covid-19. Sebab, penyandang disabilitas termasuk kelompok rentan yang tidak menutup kemungkinan memiliki resiko terpapar Covid-19. “Kita tidak tahu penyebaran virus ini. Maka perlu antisipasi dengan ikut vaksinasi bersama Partai NasDem” tandasnya.

    Lebih lanjut, ia mengajak kepada masyarakat lain agar tidak termakan isu hoaks atau muatan propaganda dari pihak yang tidak bertanggung jawab terkait program vaksinasi. "Pemerintah kan sudah mencoba mencarikan solusi supaya virus corona ini segera berakhir. Caranya ya dengan vaksin ini. Jadi jangan percaya tentang kabar yang menambah keruh keadaan,” jelasnya.

    Vaksinasi ini bakal berlangsung selama dua hari. Adapun untuk jadwal berikutnya akan digelar di Kantor Pemasaran Tradha Jalan Pahlawan, Kebumen pada esok hari. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top