• Berita Terkini

    Senin, 06 September 2021

    Kenalkan Produk UKM Kebumen Lewat Wirausaha


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Asosiasi UKM Kebumen menggelar persiapan (Technical Meeting) Pesta Wirausaha Kebumen (PWK) tahun 2021 dan launching website Asosiasi UMKM Kebumen secara virtual. Ini akan dilaksanakan di  Gedung Metrologi Kebumen.


    Virtual Pesta Wirausaha Kebumen 2021 sendiri, digelar untuk mengenalkan produk-produk lokal UMKM Kebumen kepada masyarakat. Selain itu, juga akan ada webinar seputar digital marketing dari berbagai nara sumber ternama di Indonesia. Ini bertujuan untuk meningkatkan omset penjualan produk UMKM khas Kebumen berbasis digital market.


    Ketua Asosiasi UKM Kebumen Widodo mengatakan  melalui kegiatan tersebut diharapkan yang pertama dapat membekali para pelaku Kebumen untuk go digital. Beragam kegiatan akan digelar dalam acara Launching Website Asosiasi UKM Kebumen yang rencananya dilaksanakan Oktober 2021 mendatang.


    “Karena setelah adanya pandemi, berbagai badai menerpa UKM. Dampak buruk melanda para pelaku UMKM, mulai dari banyak UMKM kesulitan melunasi pinjaman, membayar tagihan listrik, gas, bahkan ada diantaranya sampai harus melakukan PHK terhadap karyawannya,” katanya.


    Kendala lainnya yang dialami UMKM, lanjut Widodo,  yakni sulitnya memperoleh bahan baku, permodalan, pelanggan menurun, distribusi dan produksi terhambat. Dengan adanya kegiatan virtual PWK dan launching website Asosiasi UKM Kebumen, harapannya bisa membantu para pelaku UKM kebumen dengan berbagai karakteristik produknya. 

    “Dalam prosesnya, asosiasi UKM Kebumen akan terus memandu dan mendampingi seluruh anggotanya dalam memahami dunia digital dan pasar digitaldan juga memaksimalkan seluruh potensi yang ada di masing masing UKM” jelasnya.


    Widodo menambahkan, selain itu, juga dapat mengenalkan produknya melalui dunia maya. Namun berbeda dengan market place-market place yang lain.  “Dan ini merupakan bukti kepedulian kita kepada rekan-rekan anggota agar mereka bisa merasakan manfaat adanya organisasi, adanya pentingnya meraih kesuksesan secara bersama berjamaah,” tegasnya.


    Adanya asosiasi UKM Kebumen ini sebagai wadah bagi para pelaku UKM Kebumen yang tergerak untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan pemulihan ekonomi, khususnya melalui pergerakan sektor usaha Mikro Kecil dan Menengah. 


    “Dengan anggota Asosiasi yang berjumlah ratusan UKM, saya yakin website ini akan menjadi trending topik dalam waktu yang tidak lama.  Cukup dengan melihat di website Asosiasi UKM Kebumen, mereka langsung menuju ke UKM apa, produk apa, langsung ke UKM-nya tanpa UKM harus meng-up harga dan pembeli juga bisa langsung ke UKM yang bersangkutan,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top