• Berita Terkini

    Kamis, 02 September 2021

    Aksin : Pejabat harus Segera Pahami RPJMD


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Ketua LKBH Garuda Yaksa Cabang Kebumen Aksin SH menegaskan jika para pejabat yang baru saja dilantik harus memahami Perda RPJMD yang telah ditetapkan. RPJMD merupakaan kesepemahaman bersama antara Pemkab dan DPRD.


    Selain itu para pejabat juga harus memahami tugas pokok dan fungsi (tupoksi)nya masing-masing. Sehingga apa yang menjadi tujuan bersama antara eksekutif dan legislatif untuk mensejahterakan rakyat dapat segera terwujud.


    Aksin SH menegaskan pihaknya berharap besar akan adanya perubahan dengan dilantiknya atau dirollingnya para Eselon II Kebumen. Dengan demikian Perda RPJMD dapat segera diimplemetasikan dalam rencana tahunan di masing-masing OPD teknis. “Dengan demikian Bupati Kebumen yang telah memilih, melantik dan merolling benar-benar percaya, yakin dan mampu menjalankan tugas tersebut,” tuturnya, Kamis (2/9/2021).


    Untuk mewujudkan kepercayaan tersebut, maka para pejabat harus dapat membuktikannya. Ini dilaksanakan tentunya dengan bekerja keras dan memahami serta mewujudkan program-program RPJMD. “Outputnya adalah kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Kebumen,” jelasnya.


    Sehingga, lanjutnya, jangan sampai hanya copy paste pada program-program yang ada dari tahun ke tahun. Melainkan harus ada inovasi dan terobosan untuk bisa mewujudkan apa yang menjadi cita-cita Kebumen. “Dalam bidang lingkungan misalnya kita harus betul-betul mengelolah sampah-sampah yang setiap hari terus menggunung. Hal itu harus menjadi program prioritas. Isu-isu  lingkungan dari hulu sampai hilir juga harus ditata dengan baik,” katanya.


    Disisi lain, potensi-potensi pendapatan juga perlu dipetakan dan digali. Sehingga tidak ada kebocoran anggaran yang bersifat rutinitas karena belum menggunakan teknologi informasi. 


    Pada sektor pariwisata Kebumen sendiri mempunyai banyak potensi. Baik itu pantai, gunung, lembah, sungai dan agro wisata. “Beberapa potensi tersebut perlu disinergikan menjadi satu kesatuan yang utuh. Sehingga Kebumen menjadi kabupaten tujuan wisata. Disisi lain semua masyarakat juga harus menjadi agen wisata untuk Kebumen,” ungkapnya.

    Dalam bidang perindustrian perdagangan, juga harus betul-betul mampu melakukan pemetaan potendi lokal. UMKM juga harus cepat naik kelas, sehingga produk-produknya mempunyai daya saing. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top