• Berita Terkini

    Jumat, 24 September 2021

    Ada Dua Wakil Kebumen di Liga 3


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Kabar menarik datang dari dunia olahraga di Kabupaten Kebumen. Kali ini, dari cabang sepak bola. Ini setelah Kota ini memiliki dua wakil di ajang Liga 3. Dua wakil Kebumen tersebut masing-masing Persak Kebumen serta Ebod Jaya Kebumen. 


    Bagi publik sepak bola, ini tentu menjadi perhatian. Barangkali sejarah. Bagaimana tidak. Sejauh ini, Kebumen boleh dibilang belum bisa konsisten mengikuti kompetisi resmi PSSI khususnya di cabang sepak bola. 


    Fakta menunjukkan, Persak, kesebelasan yang sudah identik dengan Kebumen dan sudah berdiri sejak tahun 1967, belum bisa setiap musim berpartisipasi dalam ajang ini. 


    Sempat eksis di era 1980-1990, Persak kemudian sepi dari kompetisi. Sebutan mati suri pun kerap dialamatkan kepada Tim Laskar Joko Sangkrip, julukan Persak. Hingga kemudian, di musim 2015, Persak bangkit dan ikut Liga Nusantara. Dan berlanjut setelahnya. 


    Memang, Persak tercatat pernah mengirimkan dua tim musim 2018-2019. Namun dua tim ini berlaga di dua ajang, yakni Liga 3 dan Piala Soeratin (U-17). Nah, di musim 2021, ini ada dua tim yang ikut dalam satu ajang kompetisi Liga 3.


    Ketua Harian PSSI Kebumen, Restu Gunawan dihubungi kemarin (23/9/2021), membenarkan ada dua wakil Kebumen di liga 3 musim ini. Namun demikian, Restu Gunawan mengatakan hal itu sudah biasa terjadi di luar daerah. Jadi, bagi Restu bukan masalah. "Kalau mereka (ebod Jaya) ikut dan bisa memenuhi persyaratan PSSI tentunya tidak ada masalah. Bahkan bagus, artinya sepak bola di Kebumen berkembang," ujar pria yang juga anggota DPRD Kabupaten Kebumen itu.


    Restu juga percaya, hadirnya dua tim sepak bola asal Kebumen di ajang yang sama, tidak kemudian membuat "Kebumen terbelah". "Yang terpenting, semua pihak terutama para pendukung atau suporter tetap dapat menjaga situasi Kebumen kondusif. Dan mudah-mudahan musim ini dunia olahraga di Kebumen, khususnya di cabang sepak bola kembali bergairah, apalagi setelah pandemi covid membuat aktivitas olahraga nyaris terhenti," ujarnya.

    Ungkapan senada disampaikan Manajer Persak Kebumen, HM Tursino Senno. Haji Senno, sapaan Tursino, sama sekali tidak keberatan dengan adanya tim lain yang ikut Liga 3 dan mewakili Kebumen. "Malah bagus untuk perkembangan sepak bola Kebumen. Khusus untuk pendukung Persak, mari kita kawal bersama-sama agar tim kebanggaan Kebumen ini bisa lolos liga 2," ujar Sennno.

    Seperti diketahui, Kebumen ikut berpartisipasi dalam Liga 3 musim 2021 ini.  Asprov PSSI Jawa Tengah sendiri sudah melaksanakan drawing atau undian pembagian grup. Hasilnya, Persak Kebumen tergabung dalam Grup D. Mereka satu grup dengan PPSM Sakti Magelang, Persika Karanganyar, Persibas Banyumas, PSIW Wonosobo, dan ISP Purworejo.

    Sementara Ebod Jaya Kebumen, tergabung dalam Grup E bersama Persema Temanggung, Persebi Boyolali, Persekama Kabupaten Magelang dan PSISa Salatiga. Kick off sendiri dijadwalkan 24 Oktober mendatang.

    Pantauan koran ini, baik Persak dan Ebod Jaya Kebumen telah melakukan persiapan.  (cah)



    Berita Terbaru :


    Scroll to Top