• Berita Terkini

    Selasa, 31 Agustus 2021

    Siswi MAN 4 Kebumen Raih Medali Emas dari Ajang Olympic Science


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Situasi Pandemi Covid-19 yang masih merebak di Kebumen tampaknya tidak menjadi penghalang bagi sebagian besar para pelajar. Hal tersebut terbukti dari banyaknya prestasi yang diraih beberapa pelajar. Ini baik dari tingkat dasar hingga menengah atas.


    Salah satunya seperti prestasi yang ditorehkan oleh Dea Aulia, salah satu siswi MAN 4 Kebumen yang saat ini duduk di kelas XI IPS. Ini dalam ajang OSC, Olympic Science Competition 2, yang diselenggarakan oleh Mercury Education Centre pada tanggal 21-22 Agustus 2021 lalu.


    Dea Aulia berhasil mendapatkan medali emas setelah dinobatkan sebagai juara kedua dalam kompetisi sains bidang Geografi, mengungguli ratusan siswa-siswi lain yang berasal dari seluruh daerah di Indonesia.


    Dalam ajang yang sama, beberapa siswi MAN 4 Kebumen yang lain juga mendapatkan penghargaan berupa perunggu. Mereka antara lain adalah Amalia Safrida di bidang astronomi, Anggi Oktavia dalam bidang geografi dan Nada Aristawidya Putri di bidang kebumian. Saat dikonfirmasi, Dea Aulia mengatakan bahwa prestasi yang diraihnya itu diharapkan dapat semakin memacu semangat belajarnya meski dalam situasi pandemi.


    Kepala MAN 4 Kebumen Mohamad Siswanto MPdI menyampaikan mengatakan semua prestasi yang diraih anak didiknya itu merupakan buah dari semangat belajar dan berprestasi yang dilakukan secara bersama antara anak didik dan guru.


    “MAN 4 Kebumen itu per 8 Juni 2021 menempati posisi ke-13 dalam perolehan prestasi tingkat MAN dan sederajat se Jawa Tengah. Kemudian per 22 Juli, kita sudah berada di posisi ke-9. Mungkin saat ini kita sudah naik lagi peringkatnya,” tuturnya, Selasa (31/8).


    Mohamad Siswanto juga berharap bahwa semua guru dan siswa-siswi MAN 4 Kebumen selalu membangun sinergi yang kuat untuk memberikan yang terbaik kepada MAN 4 Kebumen khususnya, dan secara umum kepada generasi penerus bangsa. 

    “Sebab tidak ada keberhasilan yang diperoleh seseorang hanya dengan usaha dirinya sendiri. Pasti ada pihak lain yang juga terlibat, baik langsung maupun tidak langsung. Dan prestasi serta peringkat MAN 4 Kebumen yang terus naik ini merupakan bukti bahwa sekolah kita punya peluang besar untuk menjadi sekolah terbaik nantinya. Amin,” kata Siswanto.

    Sementara itu, Waka Kesiswaan MAN 4 Kebumen Asmara Wijaya SPd juga mengungkapkan selama masa pandemi, pihanya selaku Waka Kesiswaan selalu memberikan informasi kepada guru dan siswa terkait dengan adanya event-event kompetisi, baik yang bersifat akademik maupun non-akademik.

    “Kami berusaha untuk memberikan sebanyak mungkin pengalaman kepada anak didik MAN 4 Kebumen, terutama dalam mengasah kemampuan dan keterampilan lewat kompetisi seperti OSC ini. Jadi, meskipun pandemi, kita tidak berhenti belajar dan berprestasi,” ucapnya. (mam) 


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top