• Berita Terkini

    Jumat, 20 Agustus 2021

    Percepatan, Perumda Air Minum Launching S3R


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Perumda Air Minum Tirta Bumi Sentosa Kebumen melaunching Program Sehari Satu Sambungan Rumah (S3R). Hal tersebut juga untuk mendukung terwujudnya target 50 ribu pelanggan di tahun 2026 mendatang. 


    Sesuai Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang RPJMN Tahun 2020-2024, peningkatan akses air minum layak pada tahun 2024 menjadi 100 persen atau setara dengan penambahan 10 juta sambungan rumah. 


    Untuk itu target Business Plan Perumda Air Minum Tirta Bumi Sentosa Kebumen sampai dengan tahun 2026 menjadi 50 ribu Sambungan Rumah. Sehingga diperlukan percepatan dalam rangka pelaksanaannya. 


    Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Bumi Sentosa Kebumen sebagai Badan Usaha Milik Daerah memiliki tugas membantu pemerintah untuk mencapai target RPJMN 2024. Ini dalam memenuhi kebutuhan air minum kepada masyarakat yang memenuhi syarat kesehatan, menunjang pembangunan daerah dan nasional. sehingga mewujudkan masyarakat Kebumen yang mandiri, sejahtera dan berakhlak (SEMARAK).


    Launching dilaksanakan oleh Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH, Kamis (19/8). Turut hadir dalam acara tersebut Sekda Kebumen Ahmad Ujang Sugiono, sejumlah pimpinan OPD, Pembina BUMD Kabag Perekonomian Yunita Prasetyani, Dirut dan Direktur serta pimpinan Forum BUMD Kabupaten Kebumen.


    Direktur Perumda Air Minum Tirta Bumi Sentosa Kebumen Zein Musta'in menyampaikan hingga Juli 2021 lalu, jumlah pelanggan Perumda Air Minum Kebumen telah mencapai 33.125 orang. 


    Adapun Sasaran program tersebut yaitu masyarakat domestik umum. Artinya tidak termasuk Perumahan, Yayasan, Instansi, dan Sosial. Kecuali wilayah Unit Alian, Unit Prembun, dan Unit Buayan. “Program tersebut juga dalam rangka Memperingati Hari Jadi ke-392 Kabupaten Kebumen Tahun 2021,” tuturnya. 


    Program lain, lanjut Zein, yakni promo pemasangan sambungan rumah baru dengan diskon 44 persen. Dimana dari harga normal Rp 1.750.000 hanya menjadi Rp 995.500. Program promo tersebut hanya untuk 1.000 calon pelanggan saja, yang daftar selama Bulan Agustus 2021, tidak termasuk Perumahan dan instansi. “Ada pula program bantuan pasang sambungan rumah gratis untuk 15 SR bagi kaum dhuafa khusus program hari jadi Kebumen 21 Agustus 2021," jelasnya.


    Zein Musta’in juga menambahkan, pihaknya turut berpartisipasi aktif dalam memberikan bantuan kepada masyarakat berupa sembako. Ini untuk penguatan ketahanan pangan masyarakat sekitar selama Pandemi Covid-19. Pada hari ini, sedikitnya terbagi 200 paket sembako untuk masyarakat. "Harapannya dengan pemberian bantuan tersebut dapat meringankan beban masyarakat Kebumen yang terdampak Covid-19," ungkapnya.


    Sementara itu, Bupati Kebumen H Arif Sugiyanto SH dalam sambutannya mendukung penuh upaya yang dilakukan Perumda Air Minum. Pihaknya juga memastikan bahwa pelayanan kepada masyarakat harus berjalan dengan baik. "Pastikan bahwa sambungan rumah tersalurkan dengan baik," ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top