• Berita Terkini

    Rabu, 18 Agustus 2021

    Mahasiswa KKN UNS Surakarta Bantu Posyandu Karangsari


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Delapan mahasisw Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta membantu kegiatan Posyandu Mawar di Dukuh Kewangen Desa Karangsari Kebumen.  Dalam hal ini para mahasiswa tersebut para membantu tenaga kesehatan, dalam menjalankan tugasnya.



    Mahasiswa membantu dalam penyelenggaraan kegiatan posyandu. Ini  seperti mengukur tinggi badan, merekapitulasi vaksin yang telah diterima oleh masing-masing bayi hingga anak berusia lima tahun. Selain itu juga pemberian vitamin dan menyumbangkan mainan untuk Posyandu Mawar. 


    Ketua KKN Karangsari Ibnu Kamal dalam kegiatan posyandu diikuti oleh balita dan lansia. Untuk Posyandu lansia setidaknya terdapat 29 orang. Adapun balitanya berjumlah 56 orang. Mainan yang diberikan oleh mahasiswa KKN bertujuan untuk sedikit memberikan hiburan kepada para balita. “Mainan sekedar untuk hiburan saja, agar anak-anak suka datang ke Posyandu,” tuturnya, baru-baru ini.


    Disampaikannya juga, dalam kegiatan Posyandu Lansia tersebut para mahasiswa juga turut andil dalam mengukur tinggi badan, mengukur lingkar pinggang, pengecekan tensi kepada para lansia serta pemberian vitamin. Dalam kegiatan tersebut juga disampaikan tentang sosialisasi pentingnya menjaga kesehatan bagi para lansia di era Pandemi Covid-19. “Selain itu dilaksanakan jua sosialisasi penggunaan double masker. Sosialisasi juga disampaikan oleh bidan dan petugas kesehatan di posyandu tersebut,” ungkapnya.


    Adapun berapa program yang dilaksanakan oleh para mahasiswa KKN yakni pelatihan pembuatan media tanam, pelatihan pembuatan kerupuk nasi,  sosialisasi pentingnya posyandu, sosialisasi pentingnya menjaga kesehatan, bimbingan belajar baca tulis hitung SDN 2 Karangsari, peningkatan literasi masyarakat melalui perpustakaan keliling.


    Selain itu, peningkatan penguatan pangan melalui pelatihan hidroponik, penyuluhan pentingnya menjaga kebersihan, penyuluhan pentingnya kebersihan dan kesehatan gigi, pelatihan membuat handsanitizer alami dan pelaksanaan senam bersama.


    Sementara itu, Bidan Hj Salbiah SST dalam kesempatan tersebut menyampaikan pentingnya menjaga kesehatan. Ini mulai dari menjaga pola hidup sehat dan lingkungan yang sehat, terlebih kini di masa pandemi Covid-19. Untuk itu penting sekali menerapakan standar protokol kesehatan. “Diharapkan dengan adanya sosialisasi terkait posyandu, orang tua dapat sadar akan pentingnya vaksinasi untuk bayi hingga anak berusia lima tahun,” ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top