• Berita Terkini

    Selasa, 03 Agustus 2021

    Dua Dosen UPB Kebumen Lolos Menjadi DPL Program Kampus Mengajar Kemdikbud Ristek


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Dari ribuan dosen pendaftar di seluruh Perguruan Tinggi se-Indonesia, 2 dosen Universitas Putra Bangsa dinyatakan lolos untuk menjadi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) program Kampus Mengajar yang diselenggarakan oleh Kemdikbud Ristek.


    Kedua dosen tersebut berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, masing-masing Dani Rizana MPd MM. dan Nur Khasanah SE MSi MM.

    Program Kampus Mengajar, merupakan program kegiatan Mengajar di Sekolah yang merupakan bagian kawasan 3T (terdepan, terpencil, tertinggal) program dari Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). 

    "Adanya program ini membuat para dosen di Perguruan Tinggi baik Negeri atau Swasta di seluruh Indonesia antusias untuk menjadi bagian di dalamnya," ujar Wakil Rektor I Bidang Akademik, Ika Neni Kristanti SE MSc, Sabtu (31/7/2021).

    Para DPL dari UPB yang lolos Seleksi nantinya akan membimbing Mahasiswa yang berasal dari berbagai PTN/PTS Indonesia. "Untuk penempatan 2 Dosen kami ada yang Di Kabupaten Banyumas dan Kabupaten Demak, Dosen kami akan membimbing mahasiswa dari kampus UNSOED, UMP Purwokerto, UMS Semarang, Unwahas, Univ. Semarang, UNNES, UMS Surakarta dan UPGRIS," jelas Ika Neni.

    Ika Neni menambahkan bahwa tugas DPL nantinya dimulai dari kordinasi dengan dinas terkait, membimbing observasi sekolah dan penyusunan rancangan kegiatan mahasiswa, memberikan persetujuan laporan awal, memfasilitasi refleksi pengajaran efektif dan pelatihan ke mahasiswa, mendampingi dan memonitoring seluruh kegiatan mahasiswa selama program berjalan, sharing session, dan memberikan penilaian akhir kepada mahasiswa bimbingan, serta memberikan rekomendasi untuk pengembangan diri mahasiswa. 

    "Kami berharap DPL dari UPB dapat terlibat aktif dalam program Kampus Mengajar dan mendukung penuh tujuan program untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa belajar dan mengembangkan diri melalui kegiatan atau aktivitas di luar kelas perkuliahan."Harap Ika (rzn/*)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top