• Berita Terkini

    Rabu, 25 Agustus 2021

    Cara Bupati Kebumen Beri Perhatian Warga dengan Silaturahmi


    Datang Tanpa Kabar, Bupati Masak Nasi Goreng untuk Tukang Sapu Alun-alun

    Sri Rohana seorang petugas kebersihan yang setiap hari bertugas menyapu kawasan alun-alun Kebumen tak menyangka rumahnya yang terletak di Desa Murtirejo, RT 01 RW 05, Kecamatan Kebumen, bakal didatangi Bupati Kebumen Arif Sugiyanto pada Selasa (24/8) malam. 

    ----------------------

    A SAEFURROHMAN, Kebumen

    ---------------------


    Rohana sama sekali tidak diberi tahu oleh siapapun rumahnya bakal didatangi orang nomor satu di Kebumen ini. Bahkan yang lebih mengejutkan lagi, Bupati membawa peralatan masak lengkap dengan bahan-bahannya untuk membuat menu masakan nasi goreng di rumahnya.

    "Ya saya nggak menyangka bapak bupati mau ke sini ke gubug kami. Soalnya nggak ada yang ngasih tahu, jadi tidak ada persiapan apa-apa. Mungkin ini kejutan kali," ujar Rohona.

    Apalagi kata Rohana, Bupati datang dengan niat ingin memasak nasi goreng untuk keluargannya. Baginya itu suatu kehormatan, karena dia belum pernah mendengar cerita ada seorang bupati masak untuk warganya dengan datang ke rumahnya langsung.

    "Ya baru kali saya tahu ada bupati masakin nasi goreng buat warganya. Alhamdulillah terimakasih banget atas perhatiannya kepada kami, semoga bapak bupati sehat selalu," ujar Rohana mendoakan.


    Saat ditanya soal rasa, Rohana mengaku masakan nasi goreng Bupati enak. "Enak sih bumbunya terasa, pedesnya sedang, tidak terlalu asin. Apalagi kalau tambah pete tambah enak jadinya," ucap Rohana.


    Sementara itu, Bupati Arif menyampaikan bahwa datang ke rumah-rumah warga sebenarnya bukan hal yang baru bagi dirinya. Sebelum menjadi bupati, Arif memang gemar silaturahmi datang ke rumah teman dan saudara-saudaranya.


    "Waktu masih muda saya juga senang datang silaturahmi ke rumah teman dan suadara, sehingga kita bisa saling tahu kabar kita masing-masing. Persaudaraan kita juga semakin erat," ujar Bupati.

    Pada saat pagi-pagi buta Bupati pernah beberapa kali mengamati ada ibu-ibu yang sedang bekerja membersihkan alun-alun Kebumen. Ibu tersebut ternyata adalah Sri Rohana yang sudah delapan tahun menjadi tenaga harian lepas sebagai petugas kebersihan di Dinas Lingkungan Hidup atau LH. 


    "Malam ini sengaja saya datang ke rumah Ibu Rohana, ibu ini sering saya liat pagi-pagi buta sudah di alun-alun nyapu jalan. Jadi setiap hari ini ibu ini berangkat sebelum subuh dari rumahnya untuk membersihkan alun-alun. Sudah delapan tahun ini dilakoni," ujar Bupati.


    Adapun aksinya memasak nasi goreng, Bupati Arif mengaku ini merupakan inisiatifnya sendiri atas pengalaman saat bertugas menjadi pasukan Brimob di Jakarta. Budaya silaturahmi itu telah dipupuk lama oleh orang nomor satu di kebumen saat ini. Saat hendak bersilaturahmi ke rumah Sri Rohana, bupati menyemlatkan membeli peralatan masak, termasuk bahan-bahannya. Dan apa yang dilakukan bupati ini adalah sebagai bentuk apresiasi atas dedikasi dan kinerja untuk warganya.


    "Budaya silaturahmin sudah kami biasakan saat bertugas dulu, mungkin ke depan yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kesejahteran para petugas kebersihan, Minimal sekali gajinya sesuai UMR. Syukur bisa di atas UMR. Sistem kontraknya juga harus langsung dengan Pemda, tidak melalui pihak kedua dan ketiga. Biar tidak ada pemotongan. Nah ini saya minta untuk dikaji dan diperhatikan lagi, ini adalah PR kami," terang Bupati.


    Kedatangan bupati menarik perhatian warga sekitar. Mereka kemudian diajak ikut makan nasi goreng bareng bersama yang lain. Tak lupa, Bupati juga turut memberikan paket sembako untuk dibagikan kepada warga sekitar. (*)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top