• Berita Terkini

    Minggu, 08 Agustus 2021

    Bupati Minta Orang Tua Perketat Penggunaan Gadget Oleh Anak-anak


    KEBUME(kebumenekspres.com)N- Bupati Kebumen Arif Sugiyanto terus mengajak warga Kota Beriman agar bisa menjaga diri dan keluarga dari risiko tertularnya Covid-19. Selain itu, Bupati juga meminta para orang tua benar-benar melakukan pengawasan terhadap kegemaran anak-anak bermain gawai yang berlebihan.

    Hal itu disampaikan Bupati Arif saat meninjau pelaksanaan vaksinasi yang dilaksanakan oleh Kodim 0709 Kebumen, di Tamanwinangun, Kamis (5/8/2021).


    Dalam kesempatan itu, Bupati terus mengajak warga Kota Beriman agar bisa menjaga diri dan keluarga dari risiko tertularnya Covid-19. Selain menjaga protokol kesehatan, Bupati juga meminta masyarakat agar mengurangi mobilitas. 


    Artinya cukup keluar rumah sesuai dengan kebutuhan. Jika tidak penting, lebih baik diam di rumah bersama keluarga.  "Jadi selain vaksinasi, penerapan prokes dll. Covid-19 ini juga bisa dikendalikan kalau kita mampu mengurangi mobilitas. Jangan ke luar rumah kalau tidak penting. Lebih baik kumpul bareng keluarga," ujar Bupati usai meninjau pelaksanaan vaksinasi yang dilaksanakan oleh Kodim 0709 Kebumen, di Tamanwinangun, Kamis (5/8).

    Bupati dan semua orang tentu menginginkan agar Covid-19 bisa dikendalikan, angka penularannya menurun, kehidupan masyarakat bisa kembali normal. Namun nyatanya data hari ini, angka kasus di Kebumen masih cukup tinggi, rata-rata penularannya di atas 100, kematian di atas 10 orang tiap harinya.


    "Kalau situasinya begini terus kita belum bisa kembali normal. Sekolah sampai saat ini juga masih tutup. Padahal kita tidak menginginkan itu. Apalagi orangtua saya yakin juga tidak ingin lama-lama anaknya sekolah di rumah, yang ada pada main gadget, main game, karena kebanyakan libur sekolah," ucap Bupati


    Di sisi lain, Bupati menyampaikan sangat perihatin dengan kondisi anak-anak sekolah saat ini yang banyak kecanduan game online. Mirisnya lagi, banyak dari mereka adalah anak-anak sekolah dasar atau SD. Menurutnya ini mengkhawatirkan. 


    "Sekarang ini penggunaan gadget anak-anak sekolah sudah di luar kontrol. Benar-benar kecanduan. Ada 16 anak terjadi Kasus internet addiction di Kebumen," terang Bupati.

    "Penggunaan gadget yang berlebihan di luar kontrol ini sampai ada ketika paket pulsa mereka habis, si anak ini menjedot-jedotkan kepalanya ke tembok. Ini jadi sudah sedemikian bahayanya," tambah Bupati.

    Untuk itu, Bupati mengajak kepada orangtua agar aktif selalu dan tak bosan-bosannya mengawasi anak-anaknya. Bisa ikut memberikan kontrol dalam penggunaan gadget agar tidak berlebihan. Berikan pilihan permainan untuk anak yang edukatif, dan kaya manfaat.


    "Misalnya dengan permainan tradisional, buat kerajinan tangan, ajak olahraga, atau bermain di alam terbuka. Jangan biarkan anak seharian di kamar sibuk dengan handponenya. Peran orangtua juga sangat penting di sini," tandasnya.


    Adapun program serbuan vaksin Kodam IV Diponegoro yang dilaksanakan di Kodim 0709 Kebumen hari ini berjumlah 2000 dosis. Disaat yang sama Polres Kebumen juga melakukan kegiatan serbuan vaksin di Logending, Ayah sebanyak 4000 vaksin. Vaksin agar akan terus digencarkan oleh Pemkab bekerjasama dengan yang lain.(fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top