• Berita Terkini

    Minggu, 08 Agustus 2021

    Bantuan Belum Cair, 97 PKL Alun-alun Kebumen Galau






    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Hingga kini setidaknya terdapat 97 PKL Alun-alun Kebumen yang belum dapat mencairkan bantuan langsung tunai sebasar Rp 750 ribu, dampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Adapun secara simbolik bantuan telah diberikan sejak 7 Juli lalu.


    Terinformasi, dari jumlah 97 tersebut, 54 orang diantaranya baik data dan uang sudah diserahkan kepada pihak bank dari Pemkab Kebumen. Adapun sisanya yakni 43 lainnya masih harus kroscek data. 


    Ketua PKL Alun-alun Kebumen Muhajir para PKL Alun-alun Kebumen menyampaikan, sebelumnya terdata para PKL Alun-alun Kebumen akan mendapatkan bantuan dampak PPKM Darurat yakni Rp 750 ribu dari Pemkab Kebumen. “Namun demikian dari bantuan tersebut, belum semuanya cair,” tuturnya, Minggu (8/8/2021).


    Disampaikannya, bantuan sempat belum cair-cair. Adannya hal itu membuat Muhajir melayangkan surat kepada Bupati Kebumen. Beruntung setelah diproses akhirnya bantuan dapat cair, namun belum semuanya cair. “Sempat melewati proses, bahkan kala itu kami sempat berkonsultasi dengan pengacara. Beruntung akhirnya dapat cair, meski terdapat juga yang belum,” katanya.


    Disampaikannya awalnya terdata sekitar 200 orang, namun kala itu banyak sekali data yang kurang tepat. Ini seperti alamat dan lainnya. Kemudian dilakukan pembenahan sekitar 100 orang dengan data lengkap. “Informasi yang saya terima dari 97 orang, 54 orang diantaranya baik data dan uang sudah berada di bank,” jelasnya.


    Dalam prosesnya kemudian diketahui terdapat pencairan tahap pertama 15 orang dan tahap kedua 26 orang. Data kemudian disampaikan kepada PKL. Alhasil 41 orang langsung mendatangi bank untuk pencairan bantuan. “Padahal jatah pencairan perhari hanya 30 orang saja. Hal ini membuat 11 orang lainnya ribut. Adanya hal tersebut, membuat pencairan kembali ditunda. Dari pihak bank menyarankan untuk pencairan secara kolektif,” jelasnya.


    Adanya kendala tersebut, membuat Muhajir hari ini Senin (9/8) berencana akan mendatangi dinas terkait. Ini untuk mengurus hal tersebut. Pihaknya juga berharap bantuan dapat segera cair. Sebab para PKL telah sangat menunggu bantuan itu. “Para PKL sudah lama menunggu. Jika saja ini bukan PPKM maka dipastikan pedagang akan demo,” ucapnya. (mam) 


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top