• Berita Terkini

    Kamis, 15 Juli 2021

    TMMD Sengkuyung II Resmi Ditutup


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)-Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap II TA 2021 yang digarap Satgas Kodim 0709/Kebumen di Desa Kaligending, Kecamatan Karangsambung, Kebumen secara resmi ditutup.


    Penutupan yang dilaksanakan Rabu, (14/7/2021) di Rumah Dinas Bupati ditandai dengan penandatanganan dan penyerahan naskah hasil TMMD oleh Dandim 0709/Kebumen, Letkol Kav MS. Prawira Negara Matondang selaku Komandan Satuan Tugas (Dan Satgas) kepada Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto.


    Dalam sambutannya, Dandim Kebumen menjelaskan, Program TMMD yang di laksanakan oleh TNI sebanyak 3 kali dalam satu tahun ini adalah wujud pengabdian TNI bersama Kementerian dan Lembaga Negara lainnya untuk membantu pembangunan di daerah.


    "TMMD yang dilaksanakan di Desa Kaligending selama 30 hari sejak tanggal 15 Juni hingga 14 Juli 2021 ini menghasilkan edukasi untuk menjunjung tinggi rasa kebersamaan dan kegotongroyongan," kata Dandim.


    Sasaran fisik dalam TMMD berupa pembangunan jalan rabat beton sepanjang 999,53 meter, lebar 4 meter dan tebal 0,15 meter. "Alhamdulillah telah mencapai target sesuai yang direncanakan," tuturnya.


    Menurut Dandim, hal itu tidak lepas dari dukungan serta kerja keras dari berbagai pihak, baik TNI, Polri, Pemerintah dan masyarakat yang telah menyumbangkan tenaga, pikiran dan materi serta doa sejak tahap perencanaan, tahap pra TMMD maupun pada saat tahap pelaksanaan Pra TMMD.


    Sasaran non-fisik diarahkan untuk mendorong tumbuhnya inovasi dan kreativitas masyarakat Desa guna meningkatkan kualitas hidup dalam membangun daerahnya sendiri menuju kehidupan sosial yang lebih maju, sejahtera dan mandiri.


    "Manfaatkan hasil program TMMD yang telah dicapai dengan ikut menjaga, memelihara serta mengembangkan hasil pembangunan yang telah dilakukan melalui kegiatan TMMD ini untuk mendukung aktifitas ekonomi dan sosial masyarakat,"  tandasnya.


    Dandim menyampaikan, kebersamaan yang sudah dibangun ini merupakan energi yang positif dalam mengatasi berbagai permasalahan yang mungkin timbul. "Saya tak lupa untuk selalu mengingatkan bahwa pandemi Covid-19 sampai sekarang belum kunjung reda,” ujarnya.


    Sementara itu, Bupati Kebumen, Arif Sugiyanto mengucapkan terimakasih kepada Kodim 0709/Kebumen beserta jajaran yang telah sukses dalam melaksanakan kegiatan fisik dan non fisik dalam program TMMD Sengkuyung II dengan aman dan lancar.


    Bupati juga mengapresiasi atas keberhasilan pelaksanaan TMMD Sengkuyung II di Desa Kaligending, Kecamatan Karangsambung yang dapat diselesaikan tepat waktu dan berhasil memenuhi target fisik sebagaimana yang telah direncanakan.


    "Pemkab Kebumen bersama Pemerintah Desa Kaligending ikut mensukseskan kegiatan TMMD dengan tetap memperhatikan keselamatan. Terbukti akhirnya target fisik dapat terselesaikan," kata Bupati.


    Pekerjaan pembangunan lima unit Rumah Tidak Layak Huni bantuan dari Dinas Perkim LH pun dapat diselesaikan tepat waktu.Kegiatan nonfisik dalam bentuk penyuluhan juga telah terlaksana sesuai dengan kebutuhan yang ada di Desa antara lain, perilaku hidup bersih dan sehat di masa pandemi dan pascanya.

    "Hal ini merupakan bentuk nyata keberhasilan TNI Manunggal bersama masyarakat. Keberhasilan ini merupakan suatu prestasi, tetapi masih ada pekerjaan rumah selanjutnya, yaitu agar pemerintah desa dan warga Desa Kaligending dapat memanfaatkan,” pungkasnya (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top