• Berita Terkini

    Jumat, 09 Juli 2021

    Sempat Turun, Penjualan Hewan Kembali Meningkat

     


    KEBUMEN-(kebumenekspres.com)Jelang Hari Raya Idul Adha 1442 H menjadi berkah tersendiri bagi pedagang hewan kurban di Kebumen. salah satunya H Supriyanto (48) pedang hewan kurban Mahesa Lembu di RT 02 RW 01, Dukuh Karangduwur Desa Jatimulyo Kecamatan Alian. 


    Omzet penjualan hewan kurban kini meningkat 30 persen di banding tahun sebelumnya.


    Pria yang akrab di sapa H Yanto ini mengaku sudah banyak masyarakat yang membeli sapi untuk persiapan kurban di hari Raya Idul Adha nanti. 


    Bahkan sampai hari ini, Jumat (9/7/2021), tak kurang dari 80 ekor sudah terjual ke masyarakat. "Alhamudlilah tahun ini penjualan meningkat jika dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya terjual 50 hingga 60 ekor sapi. Tapi tahun ini hampir mencapai 100 ekor sudah terjual. Mungkin karna niat masyarakat untuk berkurban tinggi jadi pandemi tidak mempengaruhi," tuturnya. 





    H Yanto mengatakan untuk jenis hewan kurban yang tersedia meliputi sapi PO, Limusin, Bali, dan Madura. Meski begitu usahanya ini hanya dilakukan setiap menjelang datangnya Idul Adha. Untuk hari biasa, H Yanto  melayani penjualan sapi muda atau Pedet.

     "Kalo musim kurban menjalng Idul Adha seperti sekarang ini ya kita menyediakan berbagai jenis sapi. Tapi kalo hari biasa kita hanya jual sapi Pedetan atau sapi muda," katanya.


    Adapun terkait harga, cukup bervariatif. Ini mulai dari Rp 17,5 Juta hingga Rp 30 Juta. Bahkan ada juga yang sampai Rp 40 Juta rupiah. Tergantung dari jenis sapi dan bobotnya. Sedangkan stok barang, pihaknya dapat dari luar Kebumen khususnya jenis sapi PO. "Pernah juga saya jual satu ekor sapi sampai Rp 40 Juta, jenisnya PO. Untuk stok barang kita banyak cari dari Kebumen saja," paparnya. 


    Biasanya para pelanggan yang membeli sapi untuk hewan kurban tidak langsung di ambil. Namun dititipkan sementara sampai hari pelaksanakan Kurban atau Idul Adha. Pembeli yang datang dari berbagai kalangan, ada dari kalangan masyarakat, Panitia Masjid, bahkan dari kalangan pejabat.



    Terkait kualitas dan kesehatan sapi, pihaknya menegaskan bahwa semua sapi yang dijual dipastikan aman dan layak untuk dijadikan hewan kurban. Bagi masyarakat yang ingin memesan pihaknya siap melayani karna stok masih tersedia.

     "Insya Alloh semua sapi yang saya jual kondisinya sehat dan telah memenuhi syarat untuk kurban karna sebelumnya telah di cek oleh dokter hewan Kebumen,"jelasnya.




    Sementara itu Slamet, pembeli sapi kurban mengaku selalu rutin membeli hewan kurban di sini setiap tahunnya. Menurutnya, sapi di sini memiliki harga yang terjangkau dan kualitasnya dijamin sehat.


     "Saya selalu rutin tiap tahun beli disini untuk hewan Kurban. Selain karna hargnya terjangkau, sapi nya juga bagus dan sehat," ucapnya. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top