• Berita Terkini

    Kamis, 08 Juli 2021

    Salut, Warga Klirong Kobarkan Kembali Nasionalisme di Tengah Pandemi


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Sejumlah Warga Desa Jeruk Agung Kecamatan Klirong dalam dua hari ini menjadi perbincangan khususnya di media sosial. Ini setelah sejumlah warga harus menjalani isolasi mandiri terkait covid-19. 


    Namun, bukan soal covid-19 yang menjadi pusat perhatian. Melainkan cara warga setempat menjalani isolasi mandiri. Yakni dengan memasang bendera merah putih di depan rumah warga yang menjalani isolasi mandiri.Informasinya ada 44 warga yang harus menjalani isoman.


    Camat Klirong Wawan Sujaka saat meninjau Isoman di Desa Jeruk Agung bersama Muspika, pemasangan bendera memiliki makna mendalam sebagai warga negara yang tengah dihantam badai Corona. 


    Menurutnya, fungsi bendera untuk membangkitkan semangat jiwa nasionalisme baik yang menjalani isolasi mandiri maupun warga sekitar yang sehat. "Dengan dipasangnya bendera ini orang akan melihat bahwa ini adalah bangsanya, bagian dari warganya yang harus ditolong. Jadi semangat merah putih harus kita tumbuhkan untuk menyelamatkan bangsa ini (dari COVID-19)," jelas Wawan, Kamis (8/7).


    Ungkapan tersebut cukup beralasan, karena orang yang sedang menjalani Isoman juga termasuk sedang berjuang menyelamatkan bangsanya agar tidak meluas dan tak terkendali. 

    Agus salah satu Satgas Penanganan Percepatan Penanggulangan COVID-19 di Desa Jeruk Agung, menambahkan sejatinya Pemdes juga menyiapkan tempat karantina serta tempat isolasi terpusat di Desa itu.

    Selama isolasi, kebutuhan warga setempat akan dipenuhi oleh Satgas Jogo Tonggo yang juga bentuk nasionalisme warga di tengah badai Corona COVID-19. "Satgas menyiapkan kebutuhan warga yang sedang isolasi melalui  royong Jogo Tonggo. Gotong royong berupa memberi uang atau dalam bentuk makanan," jelas Agus.


    Sedangkan untuk isolasi terpusat, Satgas menyiapkan logistik dapur umum. Setiap hari, ibu-ibu memasak untuk selanjutnya dibagikan kepada warga yang sedang Isoman.  Langkah yang dilakukan oleh Desa Jeruk Agung ini mendapat dukungan dari Muspika Kecamatan Klirong.


    Kapolsek Klirong Iptu Sugiyanto mengungkapkan, patroli sinergitas bersama TNI terus ditingkatkan untuk mengingatkan warga agar selalu Protokol Kesehatan.

    "Setiap hari, kami bersama Koramil Klirong melakukan patroli untuk mengantisipasi kerumunan, serta mengedukasi pentingnya Prokes," jelas Iptu Tugiman didampingi Danramil 15/Klirong Kapten Inf Kartono.(win)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top