• Berita Terkini

    Jumat, 09 Juli 2021

    Program Sistem Informasi Kendaraan Dinas Diluncurkan


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Bupati Kebumen Arif Sugiyanto secara resmi melaunching program SIKENDI atau Sistem Informasi Kendaraan Dinas. Sistem ini dibuat untuk memudahkan siapapun masyarakat yang ingin mengetahui penggunaan kendaraan dinas yang dikelola pemerintah daerah. 


    Bupati mengatakan, SIKENDI merupakan suatu inovasi smart dalam pengendaliaan penggunaan Barang Milik Daerah yang tersebar di Organisasi Perangkat Daerah dan merupakan salah satu terobosan dalam peningkatan pelayanan dan kinerja Pemerintah Kabupaten Kebumen dalam Tata Kelola di Bidang Manajemen Aset. 


    "Dengan sistem ini setidaknya bisa mempermudah pengawasan aset daerah berupa kendaraan dinas yang dipakai para ASN. Jadi kita tahu, kendaraan dinas yang masih terpakai dan yang sudah tidak terpakai, pemakainya siapa saja kita bisa tahu," ujar Bupati di Gedung F, Komplek Sekda, Kamis (8/7/2021).


    Masyarakat bida mengaksesnya melalui https://sikendi.kebumenkab.go.id. Bupati berharap aplikasi dari sistem ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh Perangkat Daerah untuk kepentingan penyajian data yang lebih cepat, tepat dan akurat, serta untuk pengendalian dan pengawasan penggunaan kendaraan dinas secara transparan.

    "Untuk itu saya menghimbau kepada Kepala OPD selaku Pengguna Barang dan Pejabat Penatausahaan Barang untuk mengoptimalkan penggunaan SIKENDI ini untuk meningkatkan tata kelola kendaraan dinas di OPD masing-masing," jelasnya.


    Bupati menambahkan, untuk kendaraan dinas yang sudah tidak dipakai atau sudah cukup tua, maka pemerintah melakukan proses lelang untuk dijual kembali dan hasilnya bisa dipakai untuk pembaharuan kendaraan dinas.   "Ada 100 motor yang dilelang, siapapun bisa ikut lelang, silahkan liat barangnya, kalau minat ajukan lelang," tuturnya.


    Dalam perawatan kendaraan dinas, Bupati menyampaikan, pemerintah juga melibatkan anak-anak SMK untuk membantu melakukan pengecekan atau perawatan kendaraan dinas, setia bulannya. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top