• Berita Terkini

    Jumat, 02 Juli 2021

    PPKM Diminta Maksimal, Ganjar Minta Pemkab Kebumen Siapkan Skenario Terburuk


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Kamis (1/7/2021) melakukan kunjungan ke Kabupaten Kebumen. Kedatangan Ganjar, dalam rangka mengecek kesiapan Pemerintah Kabupaten terkait kebijakan pemerintah pusat dalam Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat yang akan dimulai pada 3 Juli 2021.



    Di Kebumen, Ganjar di Kebumen, 2021), yakni RSDS Kebumen, Rumah Sakit Paru sebagai tempat isolasi terpusat di Kebumen, dan juga Posko Covid-19 di alun-alun Kebumen serta Pendopo Rumah Dinas Bupati.

    Secara keseluruhan, Gubernur Ganjar mengapresiasi kesiapan Pemerintah Kabupaten Kebumen yang dipimpin Bupati Arif Sugiyanto dalam penanganan Covid-19, khususnya kesiapan penerapan PPKM Darurat. Semua fungsi dan fasilitas sudah tersedia dengan baik.

    "Saya lihat semua sudah bagus, misalnya di posko Covid-19 ini sudah ada team reaksi cepat dan call center 24 jam. Informasi tentang Covid-19 juga diumumkan terus menerus di alun alun, agar masyarakat tahu perkembangan kasusnya tiap hari," ujar Ganjar yang didampingi Bupati Kebumen.

    Untuk di RSDS Kebumen, kata Ganjar, semua fasilitas sudah cukup bagus, misalnya ruang perawatan isolasi telah ditambah, untuk antisipasi menghadapi lonjakan pasien. Kemudian dari sisi obat-obatan, dan juga fasilitas lain seperti ketersediaan oksigen, Pemkab juga sudah menyiapkan. Termasuk ruang isolasi mandiri.

    "Yang perlu kita lakukan sekarang adalah rutin kampanyekan Prokes kepada masyarakat. Bila perlu ada petugas yang setiap hari keliling menyuarakan dan mengajak masyarakat agar menjaga prokes, seperti memakai masker yang tidak boleh lepas saat bepergian," ujar Ganjar. 

    Tidak hanya itu, Ganjar juga meminta agar Kabupaten Kebumen menyiapkan skenario terburuk dalam menghadapi lonjakan pasien, dengan penambahan ruang ICU rumah sakit. Bahkan apabila tidak memungkinkan bisa disiapkan rumah sakit tenda. 

    Di akhir kunjungannya, Gubernur juga menyempatkan diri mengikuti rapat penanganan Covid-19 dan persiapan PPKM Mikro antara Bupati dengan para Camat di Pendopo yang dilakukan secara daring. Bupati menyatakan, pihaknya siap menjalankan keputusan Pemerintah Pusat dan Provinsi dalam menjalankan PPKM Darurat. "Kami sudah siap menjalankan kebijakan pusat dalam penerapan PPKM darurat ini. Bahkan sebelumnya kita juga menerapkan PPKM untuk membatasi aktivitas masyarakat. Tinggal kita perpanjang sampai PPKM darurat ini selesai," tegas Bupati. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top