• Berita Terkini

    Minggu, 04 Juli 2021

    PPKM Darurat Jadi Ajang untuk Mendekatkan Diri


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)-Selain untuk menekan laju penularan Covid-19, Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat  (PPKM) diharapkan juga ajang untuk mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Dalam PPKM tersebut masyarakat dihimbau untuk senantiasa berdoa.


    Dengan adanya doa, diharapkan wabah akan cepat berakhir. Dengan senantiasa memanjatkan doa, maka pencegahan wabah Corona telah dilaksanakan baik dengan usaha lahir maupun batin.


    Hal ini dikemukakan oleh Pengasuh Pondok Pesantren Al Hasani Jatimulyo Alian Gus Fachrudin. Pihaknya menegaskan berdoa menjadi hal yang sangat penting. Sebab yang akan mengangkat wabah ini dari muka bumi tentu atas kehendak Alloh SWT. 


    “Marilah bersama-sama senantiasa berdoa. Semua eleman masyarakat instansi pemerintah, lembaga pendidikan dan lainnya, serta setiap individu hendaklah senantiasa melaksanakan doa,” tuturnya, Minggu (4/7/2021).


    Disampaikannya, dalam sejarah manusia, hingga dulu wabah berualang kali terjadi. Ini baik wabah pes, flu burung hingga lainnya. Bahkan di zaman  Rasulullah SAW, wabah juga terjadi. Ini seperti lepra, kusta, hingga wabah yang pernah menyerang Madinah serta lainnya. 


    Dalam hal ini, Nabi Muhammad SAW juga menyampaikan beberapa hal. Ini terkait dengan bagaimana menyikapi wabah tersebut. Nabi menyampaikan agar orang-orang menjauh atau jangan mendekati wabah. Namun jika wabah itu terjadi dan berada dikawasan tersebut, maka berdiamlah dan jangan keluar dari daerah itu.


    “Rasulullah bersabda, jika kalian mendengar tentang wabah-wabah di suatu negeri, maka janganlah kalian memasukinya. Tetapi jika terjadi wabah di suatu tempat kalian berada, maka janganlah kelian meninggalkan tempat itu,". Ini diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim,” terangnya.


    Gus Fachrudin menegaskan apa yang disampaikan oleh Rosululloh ini, implementasinya sama dengan PPKM. Dimana kini Kebumen dinyatakan Zona Merah. Untuk itu yang berada di dalam kota sebaiknya tidak keluar. Sebaiknya yang berada di luar kota sebaiknya jangan masuk. “Ini semata-mata dilaksanakan guna mencegah penularan Virus Corona,” ucapnya.


    Seperti diketahui bersama, Pemkab Kebumen telah menerapkan PPKM Darurat. Ini mulai dari 3 hingga 20 Juli mendatang. Dalam hal ini Jalan Protokol akses menuju Kota Kebumen ditutup mulai pukul 18.00 WIB. (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top