• Berita Terkini

    Selasa, 20 Juli 2021

    Pekarangan Pendopo Bupati Kebumen Disulap Jadi "Kebun Kita"

     


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Bupati Kebumen Arif Sugiyanto menyulap perkarangan kosong yang ada di belakang Pendopo Rumah Dinas Bupati menjadi perkebunan cantik dengan anekaragam buah dan sayuran. Perkebunan itu secara resmi dinamai "Kebun Kita Agri Smart" 

    Bupati menyampaikan, ide pembuatan kebun ini sebenarnya berawal dari kunjungan kerjanya di Desa Adimulyo, Petanahan, pada 8 April 2021 lalu. Adimulyo menjadi desa percontohan yang baik dalam pemanfaatan karangan menjadi lahan produktif.


    "Kita tahu kemarin kita sempat meresmikan program Kembang Kenari (Kekuatan Masyarakat membangun Kebun Pangan Lestari) di jatimulyo, Petanahan. Masyarakat di sana bagus karena karena mampu memanfaatkan pekarangan kosong menjadi lahan produktif. Ini sangat menginsipirasi," ujar Bupati, Senin (19/7/2021)


    Dari situ Bupati kemudian memiliki ide untuk memanfaatkan lahan kosong di belakang pendopo dengan membuat perkebunan dengan desain taman yang menarik. Selain perkebunan, sebagian lahan juga dibuat kolam ikan. 


    "Kebetulan di belakang pendopo ini ada sedikit lahan kosong, jadi kita ikut memanfaatkan lahan ini untuk ditanam sayur-sayuran dan buah-buahan. Kita juga buat kolam ikan, jadi perkebunan semi taman, karena bisa dibuat untuk rapat," ujar Bupati. 


    Ketahanan pangan kata Bupati merupakan salah satu masalah yang harus ditangani bersama tidak hanya oleh pemerintah namun harus didukung aktif oleh peran serta masyarakat.


    Untuk itu Bupati Kebumen mengajak masyarakat untuk memanfaatkan sisa lahan pekarangan di sekitar rumah sebagai ketahanan pangan keluarga terlebih di masa pandemi ini.   "Saya berharap Kebun Kita bisa dijadikan pembelajaran dan dimanfaatkan untuk eduwisata kelompok pertanian atau siswa sekolah ataupun masyarakat kebumen pada umumnya untuk diterapkan dilingkungan masing-masing. Sehingga hasil pertanian dipekarangan bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari."


    Masih ujar Bupati apabila Kebun Kita dikembangkan dengan didukung teknologi mumpuni dan pemanfaatan lahan kosong dimaksimalkan tentu saja bisa dijadikan sumber penghasilan pangan.


    Dalam kesempatan tersebut Bupati beserta Ketua Tim Penggerak PKK Kebumen Iin Windarti Arif Sugiyanto bersama jajaran terkait memetik panen perdana Kebun kita berupa melon emas dan sayur bayam, Kemudian dilanjutkan dengan penanaman cabai dengan media polibag. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top