• Berita Terkini

    Selasa, 27 Juli 2021

    Minat Donor Plasma Konvalesen di Kebumen Tinggi


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Kepedulian Penyintas Covid-19 atau orang yang telah sembuh dari Virus Corona di Kebumen cukup tinggi. Ini dalam upaya menyembuhkan para penderita Covid-19. Hal ini terlihat dari tingginya minat para penyintas Covid-19 dalam mendonor Plasma Konvalesen.


    Di Kebumen sendiri hingga kini tak kurang dari 10 hingga 15 orang perharinya yang mendaftar untuk mendonorkan Plasma Konvalesen di PMI Kebumen.


    Sekdar informasi plasma konvalesen adalah plasma darah dari pasien yang telah sembuh/penyintas Covid-19. Hal ini digunakan untuk terapi plasma konvalesen bagi penderita Covid-19.  Adapun Terapi plasma konvalesen adalah terapi yang dilakukan dengan mendonorkan plasma orang yang telah sembuh dari Covid-19 kepada kepada pasien yang masih terinfeksi.


    Meski peminat cukup tinggi, namun disisi lain belum ada cara untuk penyimpanan Darah Plasma Konvalesen. Hal ini pun menjadi kendala tersendiri. 

    Hal tersebut disampaikan Kepala Pelayanan Masyarakat PMI Kebumen Dr Yuanita Citra Safitri. Pihaknya menyampaikan PMI Kebumen kini belum bisa menyetok darah Plasma Konvalesen. Alasannya, umurnya sangat singkat, hanya 1x24 jam saja. Dalam waktu tersebut sudah harus segera ditransfusikan kepada pasien. 


    Pihaknya membenarkan jika permintaan terhadap darah plasma Konvalesen memang cukup tinggi. Disisi lain para penyintas Covid-19 di Kebumen yang mendaftarkan diri untuk donor plasma Konvalesen juga cukup tinggi. 


    Namun, skrining plasma lebih rumit daripada donor darah biasa. Sehingga banyak para pendonor yang gagal pada skrining awal. Meski banyak pendaftar, namun mencari pendonor plasma, jujur saja masih sangat kesulitan. Karena banyak pendonor  yang gagal di skrining awal,” tuturnya, Selasa (27/7/2021). 


    Disampaikannya, usia 18 hingga 60 tahun menjadi salah satu persyaratan untuk donor plasma.  Selain itu berat badan minimal 55 kilogram dan diutamakan laki laki. Apabila perempuan, yang diutamakan belum pernah hamil dan tidak memiliki penyakit penyerta. Selain itu juga HB sama seperti pendonor biasanya yakni 12,5 sampai 17 dan tensi darah 150/90 sampai 100/70.


    Dalam hal ini PMI Kebumen juga telah membuka grup WA bagi para penyintas Covid-19. Ini untuk membantu para pasien Covid. Para penyintas Covid 19, tersebut juga baru diperbolehkan donor setelah 10 hari. Adapun hasil yang optimal yakni 3 bulan, setelah dinyatakan sembuh dari Covid-19. “Para penyintas di Grup WA tersebut diminta untuk mengisi di link google form. Nanti kalau ada yang membutuhkan, kami membantu untuk menghubungi para penyintas tersebut," paparnya. 


    Pihaknya pun mengimbau agar para penyintas Covid-19 yang telah sembuh untuk dapat mendonorkan darah plasma konvalesen di PMI Kebumen. Sebab permintaan memang banyak.  (mam)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top