• Berita Terkini

    Minggu, 11 Juli 2021

    Ketersedian Tempat Tidur Rumah Sakit Menipis


    KEBUMEN (kebumenekspres.com)- Kasus positif Covid-19 di Kebumen masih cukup tinggi. Dampaknya, ketersediaan tempat tidur pada rumah sakit rujukan pasien positif Corona atau Covid-19 di Kebumen pun semakin menipis.


    Hal itu disampaikan Bupati Kebumen Arif Sugiyanto saat meninjau kondisi penanganan pasien Covid-19 di Rumah Sakit Daerah Prembun dan Rumah Sakit Daerah dr Soedirman, Kebumen, Kamis (8/7/2021).



    "Di RUSD Prembun ini ada 74 pasien Covid-19, ruang perawatan sudah mau penuh, karena tempat tidur untuk pasien Covid-19 ini hanya tersisa 2. Jadi semakin menipis," ujar Bupati.


    Beberapa langkah pun akan dilakukan dengan menambah lagi ketersedian tempat tidur untuk pasien Covid-19 sebanyak 20 kasur. "Kendalanya di sini memang Nakes kita terbatas seiring tambahnya pasien Covid-19, bahkan 35 Nakes kita tengah menjalankan isolasi mandiri atau Isoman," tuturnya.

    Demikian juga di RSUD Soedirman, ketersedian tempat tidur untuk pasien Covid-19 di sana juga kian menipis. Dari total 163 tempat tidur, kini yang sudah terpakai sebanyak 149. Hanya tersisa 14 tempat tidur. "Jadi ini sudah sangat kecil," jelas Bupati.

    Bupati sudah meminta adanya penambahan tempat tidur minimal 36 tempat tidur, dan juga penambahan ruang ICU. Sama halnya dengan RSUD Prembun, kendala yang dihadapi di RSUD Soedirman, yakni keterbatasan Nakes. "Rumah sakit lain juga sama banyak yang hampir penuh, kaya di PKU Gombong, Sruweng, Purwogondo mereka menambah dengan tenda-tenda, Permata Medika juga sama sudah ada 16 pasien yang digeser ke rumah sakit lain karena sudah penuh," ucapnya.

    Untuk ketersedian oksigen, Bupati memastikan semua cukup. Ia hanya meminta kepada masyarakat untuk pandai-pandai menjaga diri, dengan selalu menjaga prokes, tetap di rumah, jangan keluar kalau tidak ada sesuatu hal yang penting. (fur)


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top