• Berita Terkini

    Selasa, 01 Juni 2021

    Wabup Rista Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Wakil Bupati Kebumen Hj Ristawati Purwaningsih mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual. Ini dilaksanakan 1 Juni 2021. Upacara tersambung langsung dengan istana negara. Peringatan kali ini, mengangkat tema Pancasila Adalah Pondasi Negara. 


    Upacara virtual sendiri berlangsung di Gedung F Komplek Setda Kebumen. Ini dihadiri oleh Kapolres Kebumen AKBP Peter Yanotama, Dandim 0709 Kebumen Kapten Infanteri MS Prawiranegara Matondang, Kajari Kebumen Slamet Riyanto dan juga para OPD Terkait. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Presiden RI Ir Joko Widodo. 

    Dalam Amanatnya Presiden Jokowi mengajak masyarakat untuk mengkokohkan nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan sepanjang lahirnya Indonesia. Namun tantangan yang dihadapi tidak semakin ringan. 


    Presiden juga menekankan dengan globalisasi dan interaksi dalam belahan dunia, bangsa Indonesia harus meningkatkan rivalitas dan kompetensi. Termasuk didalamnya rivalitas antar pandangan, rivalitas antar  nilai nilai dan rivalitas antar idiologi. “Yang kita waspadai adalah meningkatnya rivalitas dan kompetisi, termasuk rivalitas antar pandangan, rivalitas antar nilai-nilai dan rivalitas antar ideologi,” tuturnya. 


    Presiden juga mengajak masyarakat untuk memperluas dan mendalami nilai-nilai Pancasila. Selain itu juga memanfaatkan perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi terutama Revolusi Industri 4.0. Sekaligus Pancasila menjadi pondasi untuk mengembangkan IPTEK yang berke- Indonesiaan. 

    “Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga mempengaruhi kontestasi idiologi. Revolusi Industri 4.0 telah menyediakan berbagai kemudahan dalam berdialog dalam interaksi dan berorganisasi dalam skala besar lintas negara,” jelasnya. 


    Presiden juga mengajak seluruh Aparat Pemerintah, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Para Pendidik, Kaum Profesional, Generasi Muda dan seluruh Rakyat Indonesia. Ini untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia Maju.  “Saya mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang kita cita-citakan,” ucapnya. (mam) 


    Berita Terbaru :


    Scroll to Top