• Berita Terkini

    Jumat, 04 Juni 2021

    Sulap Daun Talas Jadi Kuliner Lezat, 26 Kecamatan di Kebumen Ikuti Lomba Cipta Menu


    KEBUMEN(kebumenekspres.com)- Dua puluh enam Tim Penggerak PKK yang merupakan perwakilan kecamatan di Kebumen, berlomba mengolah aneka ragam makanan daerah berbahan dasar talas. Kegiatan yang berlangsung di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kebumen, Kamis (3/6/2021) itupun berlangsung meriah.


    Hadir kemarin, Bupati Kebumen Arif Sugiyanto, Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih, Iin Windarti Sugiyanto Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Kebumen, dan jajaran terkait.

    Terlihat beragam makanan disajikan dengan bahan dasar talas,  di antaranya burger talas, pizza talas, bubur talas, roket talas, lontong talas, brownis talas, getuk talas, tempe talas, serabi talas, pancake talas, dan juga juz talas, serta masih banyak yang lain.

    Bupati Arif mengatakan, lomba makanan berbahan dasar talas ini diadakan sekaligus untuk memberikan pesan bahwa membuat makanan yang beragam, dengan gizi yang seimbang tidak harus dengan bahan yang mahal. Cukup dengan bahan dari kearifan lokal.

    "Potensi ini tentunya bisa terus dikembangkan agar Kebumen terhindar dari stunting. Kreatifitas ini juga bisa terus dikembangan karena bisa bernilai ekonomis ke depannya," jelasnya.

    Arif bersyukur warga Kebumen punya potensi luar biasa dalam hal kuliner. Nyatanya, pada 2019 lalu Kebumen mampu menjadi juara I Nasional untuk katagori lomba B2SA yang diadakan di Kendari, Sulawesi Tenggara. Kemudian pada 2020 juara II tingkat Jawa Tengah untuk katagori lomba yang sama.

    Dalam lomba itu, TP PKK Kecamatan Sruweng menjadi juara harapan III, juara harapan II diraih TP PKK Kecamatan Bonorowo, juara harapan I diraih TP PKK Sruweng. Adapun juara III diraih oleh TP PKK Padureso, juara II diraih TP PKK Ambal, dan juara I berasil diraih TP PKK Adimulyo. 

    "Saya ucapkan kepada seluruh pemenang, terus gali dan tingkatkan potensi kalian. Untuk yang juara 1 kalian nanti yang akan mewakili Kebumen untuk maju berlomba tingkat Provinsi Jawa Tengah. Jadi jangan berhenti belajar dan teruslah berkarya," tandasnya

    Bertindak selaku dewan juri pada lomba cipta menu kali ini adalah Kepala Bidang Konsumsi dan Penganekaragaman Pangan Distapang Jawa Tengah Ir. Ignasius Haryanta Nugraha, M.Si, dari perwakilan Perkumpulan Chef Indonesia Ferry Angga, dan Dosen UNS Prof Sri Budi Wahyuningsih. (fur)




    Berita Terbaru :


    Scroll to Top